Truk Fuso Muatan Kayu Tabrak Minibus dan Terguling

6

BANDARLAMPUNG – Diduga akibat rem blong, sebuah mobil Truk Fuso bermuatan kayu, dengan Nopol BE 8752 JP terguling di Jalan Bypass Soekrano-Hatta, tepatnya di depan SMA Alkautsar, Rajabasa, Bandarlampung, setelah menabrak minibus Kijang Inova, Selasa (10/9).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun sopir truk fuso terlihat trauma. Satu korban pedagang mengalami luka lecet akibat terserempet truk fuso, ketika berjualan di pinggir jalan.

Menurut keterangan Fikri sang sopir Truk Fuso, mobil yang ia kemudikan itu mengalami rem blong, ia mengetahui rem tersebut blong ketika melewati lampu merah yang tidak jauh dari lokasi mobil terguling.

Dan pandangannya tertutup mobil di depan, sehingga ia tidak mengetahui jika ada jalan beton di depannya. Akhirnya ban depan kanan mobil menaiki jalan beton, mobil menjadi oleng dan akhirnya terguling.

“Sebelumnya kondisi rem dalam keadaan normal, namun di saat hendak menyalip kendaraan yang berada di depan, mulai hilang kendali. Saat itu saya kemudikan mobil saya di lajur kiri, kemudian saya ambil lajur kanan hendak menyalip mobil yang ada di depan saya, saat ingin kembalinke lajur kiri, tiba-tiba remnya los ngeblong,” terang Fikri di TKP.

Dijelaskanya, saat menyalip dan kembali mengambil lajur kiri truk tersebut menaiki jalan beton yang baru saja selesai di rehab, namun tidak semua ban mobil berada di jalan beton itu, hanya ban depan sebelah kanan mobil saja yang mengakibatkan mobil menjadi miring ke kiri.

“Karena miring dan bermuatan, mobil menjadi hilang keseimbangan, lalu terguling ke kiri,” jelasnya.

Menurut keterangan saksi mata seorang pengendara yang berada di belakang truk fuso tersebut menjelaskan, bahwa mobil fuso tersebut sempat berpindah jalur dari kiri ke kanan dan menabrak bagian belakang mobil Inova lalu terguling setelah ban depan sebelah kanan menaiki jalan beton.

Akibat kecelakaan itu, lalu lintas dari arah Rajabasa – Panjang ditutup sementara waktu, dan akses sementara dibuat satu jalur, agar mempermudah evakuasi kendaraan yang terguling dan lalu lintas tetap berjalan. (Refky/JJ)

Haluan TV APK