12 Penerbangan Lion Ditunda Karena Kabut Asap

0
9

JAKARTA, Maskapai-maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group terpaksa menunda jadwal penerbangan ke beberapa rute di Tanah Air.

Penundaan atau delay terpaksa dilakukan karena ada gangguan jarak pandang akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan dan Sumatera. “Iya, karena ada kabut asap kebaran,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Danang mengatakan, akibat kabut asap kebakaran jarak pandang menjadi lebih pendek. Akibatnya, kondisi ini tidak memenuhi syarat untuk laik terbang bagi maskapai penerbangan.

“Untuk dampak keterlambatan pagi ini karena cuaca buruk yang menyebabkan jarak pandang pendek. Sehingga tidak memenuhi kualifikasi keselamatan pesawat take off dan landing,” jelasnya.

Dia menjelaskan, adapun penundaan keberangkatan penerbangan itu ialah pada pukul 10.30 WIB. Total ada 14 penerbangan berbagai maskapai dan sejumlah bandara alami penundaan. Selain itu terdapat juga dua penerbangan yang dibatalkan pada maskapai Wings Air.

Yakni rute Surabaya-Sampit dan Sampit – Surabaya. “Keterlembatan keberangkatan sampai pemberitahuan lebih lanjut, untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan,” tambahnya. ant

Haluan TV APK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here