Arinal Junaidi Dorong PTPN7 Kembangkan Kopi Robusta

    0
    6

    BANDAR LAMPUNG, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mendorong PT Perkebunan Nusantara 7 (PTPN7) untuk mengembangkan komoditas kopi robusta di Provinsi Lampung. Hal ini menjawab potensi kopi Lampung sangat luar biasa dan harus terus dipromosikan agar bisa bersaing di dunia intenasional.

    “Saya ingin menggagas agar PTPN7 di Lampung ini mengembangkan komoditas kopi. Karena kita tahu bahwa Lampung merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia dan kopi Lampung sudah terkenal,” ujar Gubernur Arinal saat menerima audiensi dari Direktur Utama PTPN7, di Ruang Kerja Gubernur, Selasa, (17/9- 2019).

    Seperti diketahui, PTPN7 sendiri bergerak di bidang perkebunan karet, kelapa sawit, tebu, dan teh dimana wilayah operasinya meliputi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung.

    Ia mengatakan pengembangan komoditas kopi Lampung ini juga untuk menjawab kebutuhan Indonesia akan pasar internasional. “Ini agar Indonesia mendapatkan kepastian kualitas kopi dari Lampung. Jadi kebutuhan pasar internasional ada di Lampung,” katanya.

    Arinal mengatakan bahwa dari komoditas kopi ini juga lah yang dibutuhkan oleh masyarakat dan para petani Lampung. Dari kopi dirinya ingin memakmurkan rakyat.

    Ia meminta kepada PTPN7 untuk segera memetakan lokasi lahan yang bisa digunakan untuk mengembangkan komoditas kopi tersebut. Untuk mewujudkan hal tersebut, ia meminta untuk segera membentuk tim antara PTPN7, Pemerintah Provinsi Lampung dan pihak terkait.

    “Petakan dahulu dimana hamparan lokasinya, di kabupaten mana, kecamatan mana dan luasannya berapa. Kita harus bangkit dan harus bisa memberdayakan masyarakat. Kopi utamanya, selain itu juga coklat. Karena nanti dari Menteri Pertanian juga, Lampung akan mendapatkan 50 hektare kopi dan 50 hektare coeklat,” katanya.

    Ia menyebutkan ingin membawa BUMN di Lampung untuk bisa berkembang dengan baik. Gubernur mengaku siap membantu PTPN7 untuk membangun perkebunan komoditas yang dirinya gagas tersebut di Lampung. Dirinya juga menginginkan PTPN7 sebagai sumber informasi rakyat, sumber bibit bagi rakyat dan sumber pasar untuk rakyat.

    Sementara itu, Direktur Utama PTPN7, Muhammad Hanugroho siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengembangkan komoditas kopi dan coklat. “Kita akan segera petakan apa yang menjadi gagasan dari bapak Gubernur,” katanya. ant

    Haluan TV APK

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here