oleh

Ditunggangi HTI dan Lawan Politik Jokowi?

ADA spekulasi aksi unjuk rasa yang melibatkan ribuan mahasiswa telah ditunggangi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) terkait dengan kemunculan kata ‘khilafah’.

Aksi ini juga awalnya diyakini telah digerakkan oleh lawan politik Jokowi melalui tagar #turunkanjokowi di media sosial Twitter yang sempat menjadi trending.

Namun, spekulasi yang berkembang ini dibantah hasil analisis digital Drone Emprit dari Ismail Fahmi.

Hasil analisisnya tak ditemukan kaitan percakapan di Twitter antara gerakan mahasiswa melalui #Gejayanmemanggil dengan ‘Khilafah’ dan #turunkanjokowi.

“Ternyata dari #Gejayanmemanggil itu ada kluster sendiri. Kalau memang di balik itu ada Khilafah itu akan bercampur antara yang mendukung khilafah dengan yang #Gejayanmemanggil ini. Tapi ternyata akan terpisah sama sekali. Ini membuktikan dua dunia yang berbeda,” kata Ismail, seperti dilansir BBC Indonesoa, Selasa (24/09).

Baca Juga :  DPP PAN Terbitkan SK Kepengurusan PAN Lampung

Lalu, terkait dengan #turunkanjokowi, lanjut Ismail, merupakan isu yang dihembuskan oleh akun-akun yang selama ini menjadi oposisi Jokowi.

“Yang #turunkanjokowi ternyata itu kelompok sendiri, sekaligus membawa narasinya sendiri,” lanjut Ismail.

Dalam kesimpulannya, Ismail menyatakan gerakan mahasiswa di sejumlah kota sejak Senin (23/09) kemarin murni membawa isu sendiri.(*)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed