Bupati Loekman Sambangi Azka Penderita Kanker Mata

0
10

LAMPUNG TENGAH – Miris. Itulah perasaan yang diungkapkan Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, saat melihat kondisi Azka Gibran Rabanni (4), putra dari pasangan Sri Sundari (27) dan Yulianto Riwibowo (28), warga Kampung Bandar Agung, Kecamatan Terusan Nunyai.

Loekman merasa teriris hatinya, ketika mengunjungi kediaman Gibran yang hidup tanpa bisa melihat, karena kedua bola matanya adalah palsu (imitasi).

Dua bola mata Gibran harus diganti sesuai dengan perkembangan usianya, akibat kanker yang dialaminya.

Spontanitas Bupati berkunjung ke rumah keluarga itu, dilakukan di sela jadwal padat kunjungan kerjanya ke kecamatan setempat.

“Ketika kunjungan ke Kecamatan Terusan Nunyai, saya mendengar bahwa ada anak kecil yang menderita sakit pada retina matanya, dan beberapa tahun lalu telah dioperasi guna penggantian bola mata yang asli dengan bola mata palsu. Setelah saya ke rumah keluarga ini, didapati keterangan jika bola mata Gibran yang palsu itu, harus disesuaikan dengan perkembangan usianya. Dan ketika rongga mata Gibran ini berkembang makin besar, bola matanya perlu diganti,” ujar Bupati Loekman Djoyosoemarto.

Loekman mengungkapkan dalam waktu dekat pemerintah daerah setempat akan segera mencarikan solusi bagi Gibran, agar dapat segera di operasi matanya.

“Saya berpikir harus mencarikan solusinya. Karena untuk tindakan operasi diperlukan biaya yang besar, yang tidak mungkin ditanggung oleh orang tuanya. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, dapat segera kita bantu untuk dibawa ke salah satu rumah sakit di Tangerang untuk menjalani operasi,” jelas bupati.

Sementara itu, Sri Sundari, ibunda Gibran menerangkan, putranya menderita kanker mata sejak usianya 1,5 tahun. Namun akibat terkendala biaya, maka baru menjalankan operasi perdana saat usianya 2 tahun.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Lampung Tengah Edy Sunarko mengungkapkan, penyakit yang dialami Gibran adalah Retino Blastoma yang telah dioperasi sebelumnya.

Meski demikian, lanjut Kadis Kesehatan, kondisi fisik Gibran saat ini dalam keadaan normal.

“Demikian juga untuk tumbuh kembang mentalnya, sangatlah baik,” tandas Edy Sunarko. (Rendra/JJ).

Haluan TV APK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here