oleh

Pemkot Normalisasi Drainase

BANDARLAMPUNG – Mendekati akhir musim kemarau, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung membenahi puluhan titik sarana drainase dan normalisasi sungai, guna mengantisipasi terjadinya banjir saat datangnya musim hujan.

Kepala Dinas PU Bandarlampung, Iwan Gunawan, menjelaskan normalisasi sungai dan pembenahan drainase di Bandarlampung merupakan perawatan rutin. Namun jelang musim hujan perawatan di dilakukan lebih ekstra.

“Memasuki musim penghujan normalisasi untuk sungai dan drainase di Bandar Lampung sudah ada, bahkan setiap hari saya terima laporan dari lurah itu terus dibenahi,” kata Iwan, Senin (21/10).

Pembenagan berupa dindin drainase yang rubuh, dan mampet karena sedimen. Sehingga dilakukan pengankatan yang membuat tersumbat dan pengerukan

Baca Juga :  Peringati Hari Sumpah Pemuda, DPD KNPI Bandarlampung Gelar Apel danTabur Bunga

“Sekarang bekerja siang malam, kalau kita liat ada mobil PU ada petugas yang sedang mengeruk itu memang sedang mengerjakan itu. Supaya menjelang musim hujan bisa lancar semua,” ucapnya.

Iwan menyebutkan anggaran yang digelontorkan untuk mengerjakan normalisasi tersebut mengunakan anggaran rutin senilai total Rp 2 milyar mulai dari Januari sampai dengan Desember 2019.

“Normalisasi sungai dan drainase, kita pakai anggaran rutin dari APBD itu dari bulan Januari sampai Desember untuk upah pekerja Rp 2 milyar totalnya,” jelasnya.

Anggaran rutin itu digelontorkan jika ada pembenahan secara mendadak. Jika yang rubuh sungai atau drainase langsung di kerjakan.

“Kita beli semen, batu, pasir dan petugas kita bayar harian, sehingga cepat. Jika ada hujan dia tidak melebar kerusakannya, begitu juga dengan pengerukan saluran drainase juga seperti itu,” pungkasnya. (*)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed