Rosnani, Penderita Kanker Payudara dapat Penanganan Medis

0
3

LAMPUNG TENGAH – Ketua Tim Penggerak PKK Lamteng Hj. Ellya Lusiana Loekman, bersama tim Gotongroyong (Goro) dan camat Terbanggibesar, mengunjungi Rosnani (50) warga Dusun 8 Kampung Nambahdadi, kecamatan setempat, Selasa (5/11).

Rosnani diduga mengidap kanker payudara sejak satu tahun lalu dan kini telah membesar. Gejala itu dirasakan sejak 5 tahun yang lalu.

Rosnani saat ditemui mengaku telah berobat ke Rumah Sakit Yukum Medical Centre (YMC) belum lama ini.

“Ya sekira dua bulan ini saya periksa kerumah sakit YMC, dan pihak rumah sakit menyatakan tidak ada apa-apa hanya penyakit biasa. Namun saya merasa nyeri ini sudah lama dan mengalami keanehan pada (maaf, payudara) saya,” ujarnya.

Tindakan cepat diambil bunda Ellya. Ia meminta kepada Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya Otniel Sriwidiatmoko, memeriksa kesehatan dan segera membawa kerumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

“Sementara ini saya curiga, penyakit ini sejenis kanker payudara. Namun, untuk memastikan akan kita cek kerumah sakit,” jelas Otniel.

Tak hanya Rosnani. Ternyata, anaknya juga mengalami penyakit lumpuh selama 17 tahun lalu dan hanya terbaring ditempat tidur.

“Keduanya akan kita bawa kerumah sakit untuk penanganan lebih lanjut,” tambahnya.

Bunda Ellya meminta kepada bidan desa atau pihak puskesmas Nambahdadi, lebih peka terhadap warga yang mengalami penyakit yang perlu penanganan khusus.

“Saya memang bukan atasan mereka (pihak Dinas Kesehatan). Namun, saya minta ada perlakuan khusus untuk pasien yang mengalami penyakit seperti TBC, Kanker dan lainnya, dengan memerintahkan puskesmas setempat rutin mengontrol pasien setiap minggunya,” pungkasnya. (Rendra/JJ)

Haluan TV APK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here