Saber Pungli Terbentuk, Kepsek Kades Diminta Hati-hati Jalankan Tugas

0
4

MESUJI – Sebayak 400 peserta, Rabu (6/11) mengikuti Sosialisasi dan Focus Group Discussion Saber Pungli, Kabupaten Mesuji 2019, di Balai Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya.

“Kami dari Polres Mesuji mengingatkan kepada pihak-pihak terkait agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan speknya, jangan takut apabila ada permasalahan, bila perlu selesaikan dengan Inspektorat Kabupaten Mesuji,” tegas Waka Polres Mesuji Kompol M Jhoni, mewakii Kapolres.

Melalui forum tersebut, Wakapolres mengingatkan para pimimpin OPD, Camat, Kades, Kepala SD dan SMP di Mesuji agar selalu berhati hati dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diamanatkan, karena Tim Saber Pungli sudah menjalankan tugasnya dengan baik.

Untuk itu, lanjut M. Jhoni, Pemkab Mesuji juga memberikan peringatan kepada para kepala sekolah, kepala desa untuk berhati hati dalam menjalankan tugasnya.

“Kami berharap, apabila ada yang mengganggu jangan mau, kami mengerjakan dengan aturan,” jelas M. Jhoni.
Seementara, Plt Bupati Mesuji melalui Sekda Drs. Indra Kesuma Wijaya menyampaikan bahwa pemerintah melalui Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, telah instruksikan pemberantasan praktek pungutan liar secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera.

“Hal ini kemudian didukung dengan pembentukan Tim Satgas Saber Pungli tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, seperti di amanatkan pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan ASN Nomor 5 Tahun 2016 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 700/4277/SJ tanggal 11 November 2011,” ujar Sekda.

Adapun sejumlah area yang menjadi fokus dalam saber pungli, diantaranya adalah Perizinan, Hibah dan Bantuan Sosial, Kepegawaian, Pendidikan, Dana Desa, Pelayanan Publik, dan Pengadaan barang dan jasa.

“Untuk itu, saya menyambut baik digelarnya kegiatan ini untuk koordinasi, samakan persepsi serta melakukan evaluasi pemberantasan pungutan liar di wilayah penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Mesuji,” pungkasnya. (rls/JJ).

Haluan TV APK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here