oleh

Tiga Hari, Waykanan Dikepung Asap

WAYKANAN-Kepala Kantor BPBD Kabupaten Waykanan, Bismi Janadi mengatakan bahwa kabut asap yang melanda kabupaten itu sudah terjadi selama tiga hari.

“Selama tiga hari sudah terjadi kabut asap, dan hari ini merupakan hari ketiga. Semoga kabut asap ini segera berakhir,” kata Bismi Janadi, di Blambangan Umpu, Minggu (10/11).

Menurutnya, kabut asap ini terjadi karena sebaran asap di Kabupaten Mesuji Way Kanan, Tuba Barat dan Tulang Bawang bergerak ke arah barat laut dan timur laut .

Selain itu, asap kemungkinan berasal dari Sumatra Selatan dan sebagian besar wilayah Sumsel tertutup asap.
“Kemungkinan dari Sumatera Selatan. Karena sampai saat ini wilayahnya masih tertutup kabut asap tebal,” katanya.

Baca Juga :  Lawan Covid-19, Jokowi Pamerkan Senjata Perang Buatan Dalam Negeri

Bismi menjelaskan, asap di Waykanan belum melewati Batas Transboundary haze atau kesepakatan ASEAN tentang perjanjian lingkungan untuk pengendalian pencemaran asap.

“Kabut asap belum melewati ambang batas, dan masih terlihat normal. Tetapi masyarakat tetap waspada, dan menggunakan masker saat bepergian keluar rumah menggunakan sepeda motor,” katanya.
Di lain pihak, salah satu warga Waykanan, Senen, mengatakan kabut asap ini sudah terjadi selama tiga hari, dan semakin hari semakin pekat.

“Ini hari ketiga. Tetapi kemarin-kemarin masih tipis, kalau sekarang sudah agak tebal,” katanya.

Senen menjelaskan, kabut asap ini sangat mengganggu aktivitas di luar rumah khususnya pekerja lapangan seperti tukang ojek, kuli bangunan dan lainnya.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Kunjungi Koramil 422-06/SumberJaya Lambar

“Semoga ancaman kabut asap ini tidak terlalu lama dan segera berakhir. Serta instansi terkait bisa segera mengambil tindakan tegas tentang persoalan ini,” ungkapnya. (Tara/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed