oleh

Wacana Pembubaran Gakumdu, Khoir: Perlu Penguatan Kelembangaan Bawaslu

BANDARLAMPUNG – Perihal adanya usulan terkait pembubaran Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu) oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung kepada Bawaslu RI, Ketua Bawaslu Provinsi Fatikhatul Khoiriyah mengatakan semua itu terjadi karena hasil rangkuman persoalan yang terjadi.

“Banyak sekali misalkan dalam melakukan penanganan berbeda pendapat antara Kepolisian, Kejaksaan dan Pengawas pemilu, sedangkan tekanan publik semua mengarah kepada bawaslu,” Kata Khoir, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/11).
Khoir menilai, perlu adanya penguatan secara kelembagaan terhadap Bawaslu.

“Kalau seandainya tidak ada penguatan ya bubarkan saja,” tegasnya.
Menurut Khoir, penguatan lembaga yang dimaksud yakni Polisi atau Jaksa yang ditugaskan harus fokus ke pengawas pemilu, tidak di bebankan lagi dengan tugas di lembaganya.
“Jadi dengan begitu bisa mengikuti alur proses penanganan nya dari awal sampai akhir, tidak berganti-ganti personil,” jelasnya.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Lampung Kini Berpangkat Brigjen TNI

Kondisi seperti itu, menurut Klhoir hampir terjadi di seluruh Indonesia.
“Tidak hanya lampung ya, kemarin saya abis workshop se Indonesia, semua melakukan evaluasi,” tutup khoir.

Sementara itu, perihal usulan pembubaran Gakumdu, Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Lampung Tamri Anggora mengatakan usulan itu akan disampaikan ke Bawaslu RI.

“Kami bawaslu Sepakat, dengan semua bentuk pertimbangan, kita akan usulkan itu, apa adanya akan kita usulkan ke Bawaslu RI,” ungkapnya. (Refky/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed