oleh

Bank Lampung Menggandeng Pusat Studi Hukum Perbankan UBL dalam FGD Tindak Pidana Perbankan

-KOTA-37 views
  • Foto Ketua Ketua OJK Lampung (Indra Krisna) menjadi salah satu narasumber dalam FGD Tindak Pidana Perbankan

Bank Lampung bersama Pusat Studi Hukum Perbankan (PSHP) UBL Universitas Bandar Lampung (UBL) dan Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung menggelar Focum Group Discussion (FGD).

Dengan mengusung tema ‘Penerapan prinsip kehati-hatian sebagai upaya pencegahan tindak pidana perbankan’ diskusi yang diselenggarakan di ruang Auditorium Pasca sarjana UBL ini diikuti oleh 169 Pekerja Bank Lampung  terdiri dari Kepala Kantor Oprasional, Quality assurance, Account Officer, Legal, dan Auditor.

Dengan nara sumber Indra Krisna Kepala OJK Provinsi Lampung, Syahrial Aziz Investigator Eksekutif Senior, Dr. Zulfi Diane Zaini, S.H, M.H Ketua Pusat Studi Hukum Perbankan (PSHP) UBL dengan moderator Lukmanul Hakim, S.H, M.H.

Baca Juga :  Gubernur Terima Audiensi Kepala BPS

Pemaparan Materi Narasumber yang Pertama oleh Indra Krisna selaku Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kantor Perwakilan Provinsi Lampung sekaligus sebagai Dewan Pengawas, Indra memberikan Masukan  dalam pemberian KUR dan penyerapan kredit khususnya selain itu mengenai upaya dalam penerapan prinsip kehati-hatian dalam pencegahan terjadinya tindak pidana perbankan sebelum terjadi tindak pidana dewan pengawas akan memberikan keterangan yang selanjutnya dilanjutkan kepada Divisi Penyidikan Jasa Keuangan

Selanjutnya Pemaparan Materi Narasumber kedua oleh Syahrial Aziz selaku Investigator Senior Otoritas Jasa Keuangan. Syahrial lebih menitikberatkan kepada fungsi OJK disektor pengawasan dan perbedaan antara Tindak Pidana dibidang Perbankan dan Tindak Pidana Perbankan dimana dalam Teori Fraud yang dikemukakan oleh Donald R Cressey (1953) Fraud memiliki 3 Unsur yaitu Tekanan, Peluang/Kesempatan dan Rasional atau pemikiran sehingga dapat mengakibatkan para oknum melakuakan tindak pidana perbankan.

Baca Juga :  Polresta Bandarlampung Kurbankan 5 Ekor Sapi Dan 3 Kambing

Selanjutnya Pemaparan Materi Narasumber ketiga oleh Dr. Zulfi Diane Zaini, S.H., M.H selaku Ketua Pusat Studi Hukum dan Perbankan (PSHP-UBL), Pemaparan yang diberikan adalah refresh mengenai azas yang terdapat didalam Undnag-Undang perbankan dimana didalamnya terdapat Azas kehati-hatian yang wajib diterapkan dalam kegiatan perbankan yang dituangkan kedalam Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pertanggung jawaban direksi dan pimpinan ketika terjadinya tindak pidana perbankan beserta kewenangannya. (ara18/11)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed