Mentan Ingin KUR Rp 50 Triliun Mengalir ke Pertanian

0
15

JAKARTA, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ingin agar Rp 50 triliun kredit usaha rakyat (KUR) mengalir ke sektor pertanian. Hal ini dinilai perlu untuk menggenjot ekspor pertanian Indonesia, termasuk buah.

Pernyataan Mentan disampaikan saat membuka Pekan Inovasi Mangga Nasional 2019 di Pasuruan, Jawa Timur. “Peningkatan kinerja ekspor buah dapat dilakukan melalui penerapan teknologi dan sistem jaminan mutu di seluruh rantai produksi melalui penerapan standardisasi produk hasil pertanian dari hulu ke hilir,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (15/11/2019).

Pada 2020, total KUR yang akan disalurkan mencapai Rp 190 triliun. Itu artinya Mentan ingin sekitar 26,4 persen dari total KUR masuk ke sektor pertanian. Khusus ekspor buah mangga, Mentan menilai Indonesia punya potensi besar meningkatkan angkanya.

Apalagi produksi mangga Indonesia mencapai 2.184.399 ton pada 2018. Saat ini Indonesia menduduki posisi kelima sebagai produsen buah mangga dunia setelah India, China, Thailand dan Meksiko. “Ada sekitar 90 persen dari produksi buah Indonesia dikonsumsi di dalam negeri dan 10 persen diekspor ke negara lain,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron, mengungkapkan bahwa mangga sangat potensial dalam peningkatan pendapat petani di Pasuruan. “Komoditas ini berpotensi meningkatkan kesejahteraan petani karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan menjadi salah satu primadona ekspor buah segar dari Indonesia,” ujarnya. Pihaknya mengaku siap untuk mendukung penuh program pemerintah pusat dalam membangun pertanian khususnya komoditas mangga di Pasuruan. ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here