oleh

62 Ribu Ton Bawang Putih Impor, Segera Masuk RI

-EKOBIS, RAGAM-160 views

JAKARTA, Pemerintah memastikan impor bawang putih sebanyak 62.000 ton dari China dan India akan segera masuk ke Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, Surat Perizinan Impor (SPI) bawang putih 62.000 ton tersebut akan segera diterbitkan.

Bawang putih impor ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasokan bawang putih di dalam negeri. “Dalam proses, sudah ini kami proses.

Yang baru masuk (usulan impor) dalam proses itu sekitar 62.000 dan akan segera terbit,” ujar Oke di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis (13/3/2019).

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menerbitkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) untuk komoditas bawang putih. Total volume bawang putih yang diberikan rekomendasinya sebanyak 103.000 ton.

“(RIPH) 103.000 ton sudah diterbitkan Jumat kemarin,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto, Senin (10/2/2020).

Meski tak merinci berapa banyak perusahaan yang mendapatkan RIPH tersebut, tetapi Prihasto memastikan RIPH yang diberikan tengah diproses di Kementerian Perdagangan untuk mendapatkan persetujuan impor.

Lebih lanjut, Prihasto membeberkan, kebanyakan bawang putih yang akan diimpor berasal dari China. Dia pun mengatakan, impor bawang putih dari China diizinkan, mengingat dari hasil rapat terbatas yang dilakukan, tidak terdapat penularan virus corona melalui tanaman.

Adapun lebih lanjut Oke menjelaskan izin impor yang baru diterbitkan untuk 62.000 ton bawang putih lantaran saat ini baru sebanyak itu persyaratan impor yang lengkap. “Dari 103.000 sudah terbit. Kan yang baru masuk, yang lengkap, yang sudah itu.

Sudah kita proses. Kalau lengkap. Jadi tergantung merekanya. Begitu lengkap kan sudah kita penuhi. Jadi sekarang yang sudah dinyatakan lengkap kurang lebih 62.000,” ujar dia.

Sebelumnya, harga bawang putih mengalami lonjakan. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga bawang putih sampai Senin (10/2/2020) sudah mencapai Rp 55.300 per kg. Tingginya harga karena pasokan bawang putih yang menipis.

Saat ini diperkirakan masih terdapat stok bawang putih sebanyak 70.000 ton, yang diharapkan mencukupi kebutuhan hingga Maret 2020. Nantinya, RIPH yang diberikan pun untuk memenuhi kebutuhan bawang putih beberapa bulan berikutnya.ant

Tulis Komentar

News Feed