oleh

Tips Memproteksi Diri dari COVID-19 Saat Berada di Ruang Publik

Secara umum, langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di ruang-ruang publik, transportasi umum, pusat perbelanjaan, atau di mana saja yang biasa ramai dikunjungi orang, relatif sama.

Dilansir dari situs resmi Transportologi, pada situasi wabah meluas di dalam kota, langkah pencegahan awal adalah rutin melakukan pembersihan pada setiap ruang publik, termasuk fasilitas yang ada di dalamnya dan memastikan para pekerja bebas dari virus corona. Pada situasi terburuk, maka harus segera ditutup.

Langkah-langkah yang harus disiapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 secara sistematis dapat dilakukan melalui serangkaian tahap mulai dari persiapan, perlindungan personal, pengurangan kontak, pengurangan layanan, dan menggunakan komunikasi krisis.

Perlindungan personal penting untuk meminimalisasi risiko tertular COVID-19 di ruang-ruang publik oleh siapa pun yang berada di sana. Langkah-langkahnya meliputi, seluruh pekerja dan pegawai rutin menjaga kebersihan, mencuci tangan, dan menutup mulut dengan siku jika batuk.

Baca Juga :  Mengenal Marlin, Ikan Bermoncong Tajam yang Bisa Membunuh Manusia

Selanjutnya, menyediakan hand sanitizer dan tisu di setiap kamar ganti, kamar mandi, dan tempat-tempat lain jika perlu.

Bahkan, sebaiknya, para pekerja atau petugas wajib menggunakan sarung tangan sekali pakai saat melayani pengunjung.

Para pengunjung disarankan membawa sendiri hand sanitizer, tisu, bahkan sajadah jika beridah.

Pengurangan kontak penting dilakukan jika tingkat risiko dinilai tinggi.
Pengurangan kontak di ruang publik dapat dilakukan dengan cara; tidak bersalaman dengan mengganti dengan cara lain namun tetap sopan.

Pengurangan kontak juga berarti selalu menjaga jarak dengan pengunjung lain. Hindari menyentuh apa pun yang umumnya banyak disentuh orang lain. Hal ini penting dilakukan untuk memproteksi diri sendiri.(dbs/iwa)

Tulis Komentar

News Feed