oleh

Geger! Cegah Corona, Pocong Indonesia Sampai Tayang di Korea

Haluanlampung.com – Aksi kocak masyarakat Indonesia memang tak ada duanya. Bahkan di tengah pandemi virus corona saja masih sempat membuat tawa.

Seperti yang terjadi di sebuah desa di Purworejo, Jawa Tengah. Desa ini menjalankan karantina mandiri dan warga dilarang keluyuran ditambah ada pocong yang berjaga di jalan masuk utama desa

“Pocongie” tengah jadi trending topic di Twitter. Video-video terkait pocongie telah ditonton sekitar 20 ribu kali. Pemicu trending topic ini adalah sebuah laporan berita di stasiun televisi Korea Selatan MBC.

Berita ini mengangkat cara unik Indonesia mencegah orang keluar rumah di tengah pandemi virus korona baru COVID-19. Sebuah desa di Indonesia, kata pembaca berita, menggunakan pocong untuk mencegah anak-anak keluyuran saat wabah corona.

Baca Juga :  OTG Mengancam, Pasien Positif COVID-19 Lampung +7 Orang

Dijelaskan kepada penonton di Korea, bahwa saat orang di Indonesia yang beragama Islam dimakamkan maka mereka akan dibungkung kain kafan dan penampakannya seperti pocong tersebut. “Pocongie” adalah cara melafalkan pocong dalam berita tersebut yang kini menjadi kata yang trending di media sosial.

Video yang ditampilan menunjukkan orang pada malam hari berjalan di sebuah gang. Mendadak di salah satu sudut muncul sosok berwarna putih dan orang-orang itu langsung kabur ketakutan

Menurut pembaca berita, pocong jadi cara di Indonesia mengingatkan orang soal bahaya kematian juga keluar saat wabah korona. “Karena orang-orang (di Indonesia) sepertinya lebih takut terhadap pocong dibanding terhadap virus korona” ujarnya.

Baca Juga :  Soal Data Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung, BNPB Mesuji Masih "Blank"

Warga yang hendak keluar masuk desa wajib menunjukkan tanda pengenal yang akan diperiksa oleh sang pocong demi mencegah penularan COVID-19. Tokoh desa Angko Setiyarso Widodo menjelaskan pocong itu sebagai pengingat akan kematian. “Jadi siapa saja yang ngeyel dan tidak bisa ikut mencegah penyebaran virus corona ini ya bisa saja akan dipocong alias mati,” ujarnya.

Mayoritas netizen menyoroti lucunya cara penyebutan pocong yang kini debut di Korea Selatan sebagai Pocongie. Selamat ya Pocongie-nim, daebak!

Tulis Komentar

News Feed