oleh

Potensi Penjualan Masker Kain di Lampung Tembus Rp1 Triliun, Ini Hitung-hitungannya

Oleh: Ilwadi Perkasa

BISA menjahit, maka bergegaslah membuat dua atau tiga pola masker kain. Setelah itu, produksi sebanyak mungkin, jual dan nikmatilah keuntungannya. Kok yakin banget sih….

Tak pelu diragukan lagi, mulai hari ini dipastikan permintaan masker kain akan melonjak tinggi (mungkin hingga ratusan persen) menyusul pemberlakuan harus pakai masker jika berada di luar rumah.

Secara telak, anjuran ini memberi peluang bagi UMKM untuk melesatkan omsetnya dalam waktu cepat, terutama bagi UMKM yang sudah memulai bisnis ini sejak virus corona mewabah.

Namun bagi UMKM yang baru memulainya, tak usah ragu, mulai saja berusaha, sebab keuntungan sudah di depan mata.

Ini hitung-hitungannya.

Baca Juga :  New Normal: Untuk Siapa?

Kebutuhan masker kain di Lampung bisa mencapai 5 juta lembar setiap hari. Dan jika diasumsikan harga harga rata-rata masker kain Rp5.000 per lembar (harga pasaran berkisar Rp3.000 hingga Rp10.000), maka ada potensi penjualan sebesar Rp25 miliar setiap hari.

Ini potensi penjualan yang sangat besar. Jika diakumulasikan sebulan, potensi penjualan mencapai Rp750 miliar. Fantastis.

Kebutuhan masker kain di Lampung kira-kira sebanyak 5 juta lembar setiap hari. Itu didasari jumlah penduduk Lampung sebanyak 7 juta jiwa lebih. Hitung-hitungan tadi diasumsikan 5 juta orang itu mengganti maskernya setiap hari, meski dalam kenyataannya ada yang menjadikan maskernya abadi. Pakai, cuci, pakai lagi.

Namun orang yang memilih menjadikan maskernya abadi diprediksi tidak banyak. Sebaliknya, potensi penjualan diprediksi bisa melesat lebih besar, dua sampai tiga kali lipat dari potensi penjualan Rp25 miliar setiap hari.

Baca Juga :  New Normal: Untuk Siapa?

Juru Bicara Khusus Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyarankan agar penggunaan masker kain digunakan selama empat jam saja. Setelah empat jam harus dicuci.

Nah, itu berarti setiap orang harus punya masker kain dua atau lebih. Hmm…kalau begitu bisa trliunan nih.(***)

Tulis Komentar

News Feed