oleh

Sejujurnya, Wartawan Layak Memperoleh Bansos 600 Ribu, Dinsos…Peluklah Mereka!

Oleh: Ilwadi Perkasa

SORE tadi, Jumat (16/05) saya bertemu dengan seorang wartawan online. Dia adalah seorang wartawan senior di Bandarlampung. Usiannya, mungkin 50 tahun lebih. Pernah bekerja di berbagai media cetak di kota itu dan hingga masih aktif menulis di situs berita online milik sahabatnya.

Saya bertemu dengannya di Kantor Pos Pahoman, Bandarlampung. Semula saya mengira dia datang untuk meliput acara Bantuan Sosial Tunai yang mulai dicairkan sore itu.

Ia tampak risih, setelah lebih dari dua puluh menit saya temani. “Nggak ambil gambar,” saya mencoba menghangatkan pembicaraan, meski sejak awal saya sudah menduga, bahwa teman saya itu adalah salah satu penerima manfaat Bansos Tunai.

Baca Juga :  New Normal: Untuk Siapa?

“Nggak, saya lagi antri, nunggu giliran. Saya ada di jalur dua. Bentar lagi beres,” katanya malu-malu.

“Lu liputan atau ngantri juga,” tanya teman saya dengan suara pelan karena terhalang masker. Ia lalu membuka maskernya, lalu memakainya kembali. Miring, lalu susah payah dirapikannya kembali. Ia tampak bingung, dan terlihat sangat risih karena saya terus berada di dekatnya.

“Gue ngantri juga, puas lu. Fren, kamu tak perlu malu. Kamu itu, dan saya pantas mendapatkan bansos itu. Anggap saja kita beruntung, akhirnya dapat juga menikmati bantuan dari pemerintah. Kamu baru kali inikan ngantri kek gini,” ujarku membesarkan hatinya, juga hatiku.

“Seumur-umur baru sekarang saya harus antri kek gini. Terpaksa. Kini, jadi wartawan susah, gaji kecil, “ado” pun tertutup corona,” katanya sambil tertawa. Dia tampak tak canggung lagi.

Baca Juga :  Terungkap Sudah! Fakta di Balik Kebohongan China, Tentang Covid-19

Satu jam setelah itu, kami berpisah. Ia tampak sumringah, aku juga. Di perjalanan pulang, saya terpikir sesuatu. Aku berpikir mengapa para wartawan di kota itu tidak mengupayakan dirinya dapat memperoleh bansos senilai Rp600 ribu itu.

Apakah mereka malu, meski sebenarnya mereka pantas menerima bantuan itu?

Tulis Komentar

News Feed