oleh

Soal Idul Fitri, Warga Lambar Wajib Tau Ini!

Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengeluarkan maklumat terkait pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah dan halal bihalal di masa pandemi Covid-19.

Ada lima poin yang telah disepakati oleh Pemkab Lambar, Kementrian Agama (Kemenag) Lambar dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lambar.

Dalam maklumat bersama tersebut , Pemkab Kemenag dan MUI menyatakann:

Pertama seluruh masyarakat diharapkan agar tidak melaksanakan shalat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah baik di masjid atau di lapangan.

Kedua, menganjurkan agar melaksanakan sholat Iedul Fitri 1441 H di rumah bersama keluarga.

Ketiga, pelaksanna sholat Iedul fitri diberikan panduan tata cara pelaksanaan sholat iedul fitri merujuk pada Fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020 tentang Kaifiat Takbir dan sholat Iedul Fitri saat Covid 19.

Baca Juga :  Pjs. Bupati Pesibar Hadiri Acara Sosialisasi Smart Village

Keempat, acara Halal bihalal yang biasanya di isi dengan silaturahmi dari rumah kerumah dianjurkan sebaiknya dilakukan melalui media sosial, seperti , WA, SMS, facebook dan sejenisnya.

Kelima, melarang kegiatan halal bihalal yang mengudang atau melibatkan kerumunan orang lebih dari 10 orang agar tidak dilaksanakan.

Kepala Bagian Kesra Setda Lambar, Syafirudin menjelaskan, keputusan tersebut berdasarkan sejumlah pertimbangan, Yakni, Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tanggal 13 Mei 2020 tentang panduan Kaifiat Takbir dan Sholat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.

Lalu, surat edaran gubernur Lampung nomor. 045.2/1351/02/2020 tentang pelaksanaan pengendalian Dampak Covid-19padakegiatan keagamaan sosial Ekonomi dan budaya Provinsi Lampung.

(rifai)

Tulis Komentar

News Feed