oleh

Soal Data Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung, BNPB Mesuji Masih “Blank”

Mesuji – Bencana alam angin puting beliung yang menghantam Kabupaten Tulangbawang dan Mesuji beberapa waktu lalu, selain menimbulkan kerusakan pada bangunan fisik, juga merebohkan ribuan hektare tanaman padi.

Namun sayangnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bekerja lamban dan terkesan hanya menunggu laporan.

Sebagaimana diungkapkan Sahril, selaku Kepala BPBD Kabupaten Mesuji, bahwa ia sampai saat ini masih belum menerima laporan dari desa-desa terkait jumlah rumah warga yang terkena bencana punting beliung.

Sedangkan terkait rusaknya sawah dan kebun warga, Sahril mengatakan bahwa hal itu adalah tanggungj awab pihak Dinas Pertanian.

“Maaf, kami belum terima laporan dari desa-desa tentang korban bencana secara rinci. Sedangkan untuk kerugian sawah dan perkebunan sudah kita informasikan ke pihak Dinas Pertanian untuk menghitung kerugian,” jelasnya, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga :  Wakil Bupati Minta Siswa Patuhi Protokoler Kesehatan

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa korban rumah yang roboh di Desa Wirabangun, Kecamatan Simpangpematang, sudah diproses pembangunan fisiknya.

“Kita gotong royongkan dengan TNI-AD,” ujarnya.

Di sisi lain, salah satu petani padi di Desa Wirabangun yang berbatasan dengan Desa Bangunmulyo, Warni (35), mengaku belum pernah didata untuk mendapat bantuan.

Pantauan media didapati bahwa selain areal persawahan di Desa Wirabangun, Kecamatan Simpang pematang, angin badai beberapa waktu lalu juga merobohkan tanaman padi di wilayah kecamatan lain.

“Kalau padi sampai roboh semua itu, ya kami juga mengalami Mas, belum ada juga yang mendata sampai saat ini,” ujar Sutar, warga Desa Tanjungmas Mulya, Mesuji Timur.

Baca Juga :  Kodim Waykanan Laksanakan Pembinaan Calon Bintara PK TNI AD

Terpisah Dinas Pertanian Mesuji melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan, Gunawan STP menjelaskan bahwa pihaknya telah mendata ribuan hektare sawah yang nantinya diupayakan mendapat bantuan.

“Untuk persawahan ada 2.400 ha, sudah didata dan diusulkan untuk dapat bantuan cadangan benih pusat dan kabupaten. Itu pada tiga kecamatan yakni, Simpang pematang 110 ha, mesuji timur 35 ha dan rawajitu utara 2.270 ha, ” singkatnya, Rabu (27/05).

 

(rado)

Tulis Komentar

News Feed