oleh

Soal Tumpang Tindih Bansos, Pak Kades di Mesuji Wajib Tahu Ini!

-DAERAH, MESUJI-798 views

Mesuji – Ada satu fakta terkait bantuan sosial yang sebaiknya diketahui masyarakat. Dan ada pula satu cara yang bisa dilakukan kepala desa untuk menyiasati pembagian bansos merata.

Fakta itu adalah, diakui bahwa memang ada warga desa yang menerima dobel dan banyak pula yang tidak mendapatkan apa-apa.

Mau tahu sebabnya?

Ramai diberitakan bahwa distribusi bansos tumpang tindih, itu karena adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang sebenarnya adalah dua programnya berbeda, meski sama-sama bertujuan membantu masyarakat.

Menurut Kadis Sosial Mesuji Gunarso, kesan adanya tumpang tindih ada karena adanya dua program yang mirip sama, yakni BLT yang lebih dulu keluar lalu berlanjut pembagian BST.

Baca Juga :  Wabup Tanggamus, Apresiasi & Dukung Relawan Donor Darah Sukarela Pringsewu

Lalu bagaimana caranya agar merata dan warga tidak menerima dobel?

Ternyata mudah, cuma perlu kebesaran hati warga yang menerima dobel dan kearifbijaksanaan kepala desa.

“Kalau ada yang dobel bisa dialihkan dengan cara si penerima bantuan bikin pernyataan dan diketahui kepala desa untuk dialihkan kepada orang lain,” ujar Gunarso.

Sekali lagi, harap dipahami, dua program itu, BLT dan BST bukan duitnya Pemkab atau pun bupati.

“Jadi tolong diluruskan, BST itu program dari Kementeian Sosial sumber dananya APBN, bukan dari kabupaten atau APBD,” ucapnya.

Menurut Kepala Desa Suka Mandiri, Hartono menyebutkan memang ada beberapa nama yang tercatat mendapat dua program, namun pihaknya telah mengurai sebagaimana petunjuk yang ia terima.

Baca Juga :  Dinas PUPR Mesuji Segera Perbaiki Ruas Jalan Menuju Desa Sindang Muara Jaya

“Kalau ada yang dobel kami fasilitasi agar dialihkan kepada nama lain yang telah kami verivikasi dengan kategori layak menerima bantuan tersebut,” ucapnya.

Lha…kalau sudah paham begini, damai dah Mesuji

(rado)

Tulis Komentar

News Feed