oleh

Abrasi di Desa Sidang Muarajaya Mesuji Masih Terus Terjadi

-DAERAH, MESUJI-79 views

Mesuji – Abrasi di bantaran sungai di Desa Sidang Muarajaya, Rawajitu Utara masih terus terjadi, hingga merusak jalan. Pihak terkait sudah menyimpulkan, abrasi terjadi akibat hempasan air dari ramainya lalu lintas speedboad.

Persoalan abrasi dan kerusakan jalan di desa itu sudah lama terjadi dan menjadi perhatian DPRD setempat, namun tak kunjung dibereskan.

Bahkan sebelumnya, sejumlah anggota dewan bersama Dinas PUPR dan Balai Besar Mesuji bolak-balik ke sana. Namun abrasi dan kerusakan terus terjadi, bahkan makin parah.

“Penyebab kerusakan jalan sudah terdeteksi karena abrasi oleh hempasan air dari ramainya lalu lintas speadboad,” ucap Hartopo, sekretaris Komisi C DPRD Mesuji, Sabtu (4/07).

Sejumlah rencana tindak, termasuk analisa penanggulanganya, jelas dia, telah dibahas bersama PUPR Mesuji dengan melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung.

Baca Juga :  Bupati Tanggamus Bentuk Tim Gabungan Untuk Penanganan Percepatan Covid-19

Menurut mantan Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Mesuji, Gusma Nur Ika Krisna yang pada saat itu terlibat langsung dalam analisa dan perencanaan, sebenarnya ada dua opsi yang disepakati untuk menanggulangi abrasi khususnya di Kecamatan Rawajitu Utara.

Pertama, Balai Besar menyepakati program/proyek penanggulan yang dananya bersumber dari APBN pada 2021 nanti.

Kedua, Balai Besar menyarankan sembari menunggu program penanggulangan, pihak Dinas Perhubungan harus menutup kanal atau pun mengatur arus lalu lintas air, untuk meminimalisir dampak abrasi.(rado)

Tulis Komentar

News Feed