oleh

Bawaslu RI Minta Anggaran Pengawasan Cair 100%

-KOTA-30 views

Bandarlampung – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Ultimatum Pemerintah Daerah (Pemda) di 8 Kabupaten/Kota Se-Lampung yang menyelenggarakan Pilkada untuk mencairkan 100% Anggaran pengawasan hingga 15 Juli mendatang, Selasa (7/7).

Sementara itu, Gunawan Suswantoro, Sekretaris Jendral Bawaslu RI, menyoroti soal pencairan anggaran pengawasan, 8 Kabupaten/Kota di provinsi Lampung itu.

Sejak berlangsungnya tahapan lanjutan, pencairan anggaran pengawasan Bawaslu daerah belum sesuai dengan NPHD, yang disepakati bersama Pemda setempat.

Untuk itu, Pemerintah Daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak, diminta untuk melakukan pencairan 100% Anggara pengawasan sampai 15 Juli mendatang. Hal tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 41 Tahun 2020.

Sementara itu, Chandrawansah, ketua Bawaslu Kota Bandarlampung itu mengatakan, sejauh ini Pemerintah Kota (PemKot) Bandarlampung baru mencairkan anggaran pengawasan sebesar 37% dari nilai NPHD yang disepakati.

Baca Juga :  Penumpang Kapal di Bakauheni Diperketat

Disambut oleh Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro menegaskan bahwa, terkait dengan anggaran pengawasan bagi bawalsu kabupaten/kota sangat penting untuk keberlangsungan penyelenggaraan yang baik.

Disis lain, Walikota Bandarlampung, Herman HN mengatakan, berapa yang dibutuhkan akan dibayarkan.

“Berapa yang mereka butuhkan saya bayar,” Jawab singkat Herman HN. (Refky)

Tulis Komentar

News Feed