oleh

DPRD Pesibar Gelar Paripurna Pertanggungjawaban APBD

Pesisir Barat – Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara Rapat Paripurna Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019 di ruang sidang DPRD Pesisir Barat, Senin (13/07/2020).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pesisir Barat tahun anggaran 2019 merupakan realisasi dari program dan kegiatan.

Perhitungan anggaran yang disusun dan dilaksanakan dengan mempertimbangkan potensi, kondisi sosial dan ekonomi daerah yang dikaitkan dengan tolok ukur rencana strategis Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus disampaikan pertanggung jawabannya pada setiap akhir tahun anggaran. Pelaksanaan tersebut dengan menyusun dan menyampaikan laporan keuangan kepada DPRD, sebagaimana telah diamanatkan melalui Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2003, ujar Bupati.

Baca Juga :  Kadiskes Pesibar : Hasil Tracing Sementara Terdapat 17 Orang Dinyatakan Reaktif

Tentang keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 bahwa Pemerintahan Daerah, dalam hal ini, Presiden, Gubernur, Bupati dan Walikota harus menyampaikan Rancangan Undang – Undang atau Rancangan Peraturan Daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada lembaga Legislatif dalam bentuk laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), jelasnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa pada hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019 yang telah di audit oleh BPK RI perwakilan Provinsi Lampung, bahwa Kabupaten Pesisir Barat memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Bupati juga menjelaskan bahwa pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan rangkaian dari akuntabilitas Pemerintah Daerah, yang meliputi, Perencanaan Program, Penganggaran, Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan serta evaluasi capaian kinerja program untuk dijadikan pertimbangan bagi perencanaan tahun selanjutnya.

Baca Juga :  Tekab 308 Polsek Pardasuka Bekuk Tiga Pelaku Cabul

Rapat yang digelar DPRD tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD, Wakil Ketua l, wakil ketua ll dan 19 anggota DPRD. Tampak juga hadir pada Rapat Paripurna DPRD, Wakil Bupati, unsur Forkopimda, para kepala OPD dan para Camat yang berada di lingkup Pemda Pesisir Barat. (indra)

Tulis Komentar

News Feed