oleh

GTPP Covid-19 Tanggamus Gelar Rapid Test Masal

Tanggamus – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tanggamus kembali menggelar Rapid Test, Selasa (14/7/20)

Rapid test digelar di Pasar Gisting dipimpin Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dihadiri Wakil Bupati Hi. AM. Safii dan Kadis Kesehatan Taufik.

Sementara pihak keamanan yakni Polres Tanggamus dihadiri oleh Kasubbag Humas Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres AKBP Oni Prasetya, SIK bersama Kapolsek Talang Padang serta mewakili Dandim 0424/TGM yakni Kasdim Mayor Inf. Suhada Erwin.

Selain itu tampak hadir Staf Ahli Firman Rani, Kadishub Razi Azianisyah, Danramil Talang Padang- Kapten Inf. Sanusi, Camat Gisting Purwanti.
Rapidtest dilaksanakan kepada 135 pedagang dan warga yang kerja di Pasar Gisting dan hasil test masal dianyatakan non reaktif.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, dengan hasil tersebut maka tidak ada yang ditindaklanjuti pengambilan swab untuk tes PCR.

Baca Juga :  Pekon Sri Wungu Menuju Desa Wisata

“Ada 135 yang dirapid tes, semuanya non reaktif. Berbeda dengan rapid tes di Pasar Kota Agung dan Pasar Talang Padang, di dua tempat itu ada yang reaktif, meski hasil swabnya negatif,” terang Taufik.Ia menambahkan, hasil non reaktif di Pasar Gisting karena pedagang dan pembeli di pasar ini adalah warga lokal. Berbeda dengan Pasar Kota Agung yang bisa didatangi orang dari luar daerah.

“Jika suatu tempat itu hanya diisi aktivitas warga lokal kami jamin itu aman. Selama ini ada hasil reaktif karena ada orang dari luar daerah khususnya daerah endemis,” jelas Taufik.

Ia juga mengaku, kondisi saat ini juga banyak warga yang sudah keluar daerah, untuk bekerja dan lainnya. Berbeda saat rapid tes di kedua pasar sebelumnya yang saat itu masa lebaran. Banyak orang kembali dari luar lalu belanja ke pasar.

Baca Juga :  Kejari Tanggamus Potong 7 Ekor Kambing

Taufik juga mengaku, pihaknya terus melaporkan perkembangan kondisi kesehatan masyarakat khususnya terkait Covid-19. Seperti hasil tes rapid tes massal yang sudah dilakukan. Sebab targetnya Tanggamus bisa zona hijau dari selama ini kuning.

“Kami juga sudah rapid tes ke seluruh petugas medis, ada yang reaktif tapi hasil swabnya negatif. Jadi untuk petugas medis aman, sehingga tidak ada penyebaran dari petugas medis,” kata Taufik.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, mengaku bahwa pihaknya terus memantau perkembangan kondisi status kabupaten ini. Harapannya ke depan bisa berstatus zona hijau dari sekarang ini kuning.
Sebab rapid tes bagi seluruh tenaga medis dan hasil swabnya negatif. Lalu rapid tes massal di Pasar Gisting bagi 135 pedagang dan warga juga non reaktif. Hal itu jadi laporan dan evaluasi pusat untuk bahan penentuan zona.

Baca Juga :  'DLH Lampura Angkat Bicara' Hotel Duta Diduga Kuat Belum Memiliki Izin Limbah

“Kami minta kesadaran semua pihak dan masyarakat tetap aktif mencegah penyebaran Covid-19. Sebab pandemi belum berakhir,” himbaunya.
Sementara itu menurut Kasubbag Humas Iptu M. Yusuf bahwa pihaknya menerjunkan personel gabungan Sat Lantas, Sat Sabhara dan Polsek Talang Padang bersama TNI serta stakeholder terkait.

“Pengamanan dilaksanakan secara gabungan guna memastikan seluruh rangkaian kegiatan berlangsung sesuai rencana. Dan Alhamdulillah hasil test seluruhnya non reaktif,” kata Iptu M. Yusuf usai kegiatan. (An/ya)

Tulis Komentar

News Feed