oleh

Disdikbud Lambar Bolehkan Dana BOS Untuk Beli Kuota Internet Bagi Siswa dan Guru

Lampung Barat – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung barat memperbolehkan sebagian Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dialihkan sebagai bantuan membeli kuota internet bagi guru dan peserta didik untuk membantu proses belajar mengajar pada situasi pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Lambar, Wasis Supriyadi mengatakan, tidak ada batasan jumlah, tidak ada ketetapan juga untuk jumlah dana BOS yang dialihkan, hanya menyesuaikan dengan kebutuhan.

“Memang benar, bisa dialihkan, hanya saja untuk jumlah yang dialihkan tidak ada ketetapan, yang jelas menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah,” ujar Wasis, Selasa (4/8/2020.

Diungkapkannya, kebijakan penerapan pengalihan dana BOS untuk keperluan kegiatan sekolah secara online sudah dilakukan oleh kebanyakan sekolah. Sementara Dinas hanya mengimbau bahwa dana BOS bisa dialihkan.

Baca Juga :  41 Pejabat Administrator Pemkab Pringsewu Dilantik

“Rata-rata sekolah sudah menerapkan, karena mereka (guru dan staf) masuk (dinas) setiap hari, Dinas hanya menghimbau saja kepada sekolah bahwa dana BOS bisa digunakan untuk keperluan kegiatan sekolah secara online,” ungkapnya.

“Jadi itu tergantung sekolah masing-masing, untuk jumlahnya mereka yang menentukan,” lanjut dia.

Sementara itu, terkait jika masih adanya orang tua murid yang masih kesusahan atau tidak terdata untuk mendapatkan bantuan, bisa mengajukan bantuan tersebut kepada sekolah.

“Mereka (orang tua murid atau murid) bisa mengajukan bantuan kepada sekolah untuk kuota internet, tapi jelas harus dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh sekolah, seperti harus menggunakan KIP dan lain sebagainya,” jelas Wasis. (Rifai)

Tulis Komentar

News Feed