oleh

Bawaslu Tunggu Berkas Gugatan Ike-Zam

-POLITIK-19 views

Bandarlampung – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung di Provinsi Lampung mengatakan siap mengakomodir gugatan yang akan diajukan oleh pasangan bakal calon perseorangan Ike Edwin-Zam Zanariah terhadap hasil rapat pleno verifikasi faktual dukungan perbaikan.

“Kami telah mempersiapkan semua yang dibutuhkan dalam penerimaan berkas gugatan bakal calon,” kata Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah, di Bandarlampung, Senin (24/08).

Ia mengatakan bahwa pengajuan berkas gugatan bakal calon perseorangan pada Pilkada Bandarlampung tersebut akan ditunggu selama tiga hari sejak Senin (24/8) hingga Rabu (26/8).

“Kita akan tunggu sampai tiga hari, hari pertama dan kedua kita akan tunggu sampai pukul 16.00 WIB dan di hari terakhir kita akan tunggu hingga pukul 00.00 WIB,” kata dia pula.

Baca Juga :  Pasangan YuTuber Mulai Gerilya

Dia menjelaskan, apabila mereka telah mengajukan gugatan, selanjutnya Bawaslu Bandarlampung memiliki waktu 12 hari kerja untuk melakukan kajian terhadap permasalahan yang pemohon limpahkan ke Bawaslu.

“Di dalam 12 hari tersebut tentunya kami akan melakukan musyawarah dengan pemohon dan termohon bila nanti tidak ada kata mufakat, maka kita akan melakukan persidangan atau ajudikasi guna memenuhi Peraturan Bawaslu Nomor 2 Tahun 2020 terkait proses sidang ajudikasi sengketa pilkada,” ujarnya pula.

Candrawansah pun meminta kepada pihak pemohon atau bakal pasangan calon, agar dapat memenuhi objek yang disengketakan yakni berita acara pada rapat pleno serta berkas-berkas yang akan dikonfrontir kembali atas keputusan KPU.

“Tentunya berkas-berkas tersebut harus lengkap sesuai dengan syarat formil dan materilnya selain berkas-berkas yang disangkakan pada berita acara,” kata dia lagi.

Baca Juga :  KPU Lamsel Tetapkan Nanang - Pandu Sebagai Pasangan Calon Bupati

Namun, lanjut dia, apabila bakal calon pasangan perseorangan ingin menempuh jalur lain tentunya hal itu pun dipersilakan atau diperbolehkan sebab itu merupakan hak dari seseorang.(ant)

Tulis Komentar

News Feed