oleh

DPRD Pandeglang Puji Program”Jemput Sakit Pulang Sehat”

Lampung Tengah – DPRD Lampung Tengah menerima kunjungan kerja (Kunker) pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Senin (24/8/2020).

Rombongan para wakil rakyat tersebut disambut Anggota DPRD Lamteng Fraksi Golkar, Agus Swandi, dan Sekretaris DPRD Syamsi Roly beserta jajarannya.

Ketua rombongan yang juga Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang Fraksi Golkar, Habibi Arafat mengatakan bahwa kunjungan kerjanya untuk mempelajari program-program yang sudah berjalan di Kabupaten Lampung Tengah, seperti halnya program kesehatan yang dikemas dengan tagline “Jemput Sakit Pulang Sehat”.

Menurutnya, program jemput sakit pulang sehat yang digulirkan Bupati dan disetujui oleh DPRD Lamteng sangat efektif untuk membantu kesehatan masyarakat yang tidak mampu untuk berobat.

“Dalam sharing tadi, kita takjub dengan program jemput sakit pulang sehat. Saya kira program kesehatan ini sangat tepat diadopsi untuk diterapkan di Kabupaten Pandeglang. Program ini menarik, dan segera kita lakukan pendalaman terkait regulasi nya. Ini akan kami pertimbangan untuk menjadi kebijakan di Kabupaten Pandeglang,” ujar Habibi.

Baca Juga :  Bupati Tanggamus Cek Lokasi Lahan Ponpes Muhammadiyah

Selain kesehatan, pihaknya juga sharing mengenai program Pendidikan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sudah berjalan di Kabupaten Lampung Tengah.

“Regulasinya sangat bagus, yang tidak ada di Pandeglang ada disini. seperti program jemput sakit pulang sehat. Intinya kita akan adopsi hal-hal yang baik untuk diterapkan di Kabupaten Pandeglang,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Lamteng Agus Swandi mengucapkan terimakasih atas kunjungan kerja yang dilakukan DPRD Pandeglang.

“Ini sebuah kebanggaan, DPRD kita beberapa kali menjadi rujukan DPRD kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Tentunya ini sebuah kehormatan bagi daerah kita,” ujarnya.

Dari diskusi tadi, kata Agus, DPRD Pandeglang fokus pada program kesehatan jemput sakit pulang sehat yang ada di Kabupaten Lampung Tengah. Sedangkan untuk terobosan lainnya, kami juga mencontoh program-program dari kabupaten lain yang dikira efektif untuk membangun daerah dan kepentingan masyarakat.

Baca Juga :  AWPI Tamggamus Bersinergi Hadapi Pandemi Covid-19 Bersama Radio Cahaya 87.9 FM

“Kalau untuk program pendidikan hampir sama, karena itu program gubernur jadi kita mengadopsi dari provinsi. Sementara untuk peningkatan PAD, saya kira tahun ini belum bisa capai target karena dalam kondisi pandemi Covid-19. Mudah-mudahan apa yang didapat dari DPRD Lamteng bisa diimplementasikan di Kabupaten Pandeglang,” harapnya.

Ditambahkan Sekretaris DPRD Lamteng Syamsi Roly. Ia mengatakan bahwa terkait dengan program kesehatan jemput sakit pulang sehat, pemerintah daerah akan menjemput masyarakat tidak mampu yang sedang sakit untuk dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya (RSUD-DSR).

“Dan untuk biaya nya akan ditanggung pemerintah daerah Kabupaten Lampung Tengah kalau pasien tidak memiliki kartu kesehatan BPJS, jadi gratis. Tapi kalau pasien memiliki kartu kesehatan maka akan di caper dengan BPJS,” terang Syamsi Roli.

Baca Juga :  Heboh! Ratusan Masa Unjuk Rasa Tolak Pasien Covid-19 di Puskesmas Siringbetik

Selain program kesehatan, lanjutnya, pemerintah daerah juga menggulirkan program gotong royong untuk membangun daerah. Seperti contohnya jika ada jalan kabupaten atau kecamatan yang rusak, maka akan diperbaiki melalui program tersebut.

“Pada prinsip nya kita sama-sama berdiskusi untuk membangun daerah kita masing-masing. Dan kita semua disini bekerja dengan penuh kehati- hatian agar tidak menimbulkan permasalahan hukum kedepannya,” ungkap Sekretaris DPRD Lamteng ini. (Rendra)

Tulis Komentar

News Feed