oleh

Kualitas Pelayanan Publik Cerminan Birokrasi

Haluanlampung.com – Sebagai salah satu skala prioritas visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, reformasi birokrasi terus digencarkan di Indonesia. Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi inti dalam kesuksesan reformasi birokrasi.

“Reformasi birokrasi intinya adalah peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Harus cepat, efisien, dan efektif,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam kunjungannya ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kota Surakarta, Jumat (28/8) dikutip dari Website KemenpanRB.

Lanjutnya dikatakan ada empat langkah yang harus dilakukan Kantor Imigrasi dalam perbaikan pelayanan publik.

Pertama, tegas menyelesaikan permasalahan imigrasi.

Kedua, menyederhanakan proses pengambilan kebijakan.

Ketiga, revisi anggaran dalam rangka penanganan Covid-19.

Baca Juga :  AXIS dan ACT Bagikan Ribuan Masker di Medan dan Padang

Keempat, pengelolaan pengaduan masyarakat dan keterbukaan informasi.

Menteri Tjahjo menyontohkan salah satu kesuksesan perbaikan pelayanan publik yakni perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang membaik dari tahun ke tahun.

Sebelumnya pelayanan yang tuntas dalam kurun waktu perhari, kini mampu diselesaikan dalam hitungan menit. Layanan SIM kini bisa selesai dalam waktu tiga menit, SIM yang baru juga tidak perlu diambil karena dapat dikirim ke rumah.

Oleh karena itu, diharapkan jajaran Kantor Imigrasi tetap fokus menjalankan perbaikan kualitas pelayanan publik.
“Kantor Imigrasi berperan mewujudkan layanan masyarakat yang lebih baik dan profesional, karena ada sejumlah daerah yang perlu dioptimalkan,” tegas Tjahjo. (KpanRB/JJ).

Tulis Komentar

News Feed