oleh

Pilkada Oh…Pilkada: Hari Ketiga Cuma Air Mata?

-Opini, POLITIK-333 views

Oleh: Iwa Perkasa

SESUAI skenario, KPU Bandarlampung menjadwalkan hari pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota pada 4 sampai 6 September 2020. Jika pasangan bakal calon cuma ada dua, maka KPU berkesempatan cukup membuka hari pendaftaran dua hari saja. Hari ke-tiga diprediksi tak ada. Lho kok bisa?

Karena merasa paling siap, pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Bandarlampung, Muhammad Yusuf Kohar dan Tulus Purnomo Wibowo (Yu-Tuber) berniat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama pendaftaran 4 September 2020.

Pasangan ini secara pemberkasan mengaku sudah menyiapkan seluruh formulir B1-KWK yang menjadi syarat pendaftaran ke KPU.

“Alhamdulillah, kita sudah menyelesaikan formulir B.1-KWK dari lima parpol pendukung yaitu, PAN, Demokrat, PKB, Perindo, dan PPP. Kita siap mendaftar ke KPU,” kata Yusuf Kohar, di Bandarlampung, Minggu.

Apakah cuma  partai itu?

“Infonya cukup segitu dulu. Realitasnya, lihat saja pada saat pendaftaran nanti,” jawab Yusuf.

Sebelumnya, pasangan Yusuf Kohar – Tulus Purnomo telah mengambil formulir B1-KWK dari Partai Demokrat, PPP, dan Perindo. Terakhir, pada Sabtu (29/8), di Rumah PAN Lampung, pasangan YuTuber menerima formulir B.1-KWK dari PAN. Kemudian pada Sabtu malam, pasangan ini kembali menerima formulir B.1-KWK di kantor DPP PKB.

Lalu, siapakah pasangan bakal calon yang mendaftar di hari kedua?

Jawabannya adalah tentu saja bakal calon yang mengantongi rekomendasi dari partai selain yang telah dikantongi YuTuber, yakni Golkar, Gerindra, Nasdem, PKS dan PDIP.

Masalahnya, paslon mana yang akan mengantongi rekomendasi lima partai besar tersebut. Apakah Bung Rycko atau Bunda Eva?

Situasinya bisa menjadi sangat sengit, bila satu atau dua dari lima partai besar tersebut ternyata bergabung dalam koalisi partai pendukung Yutuber.

Jika terjadi situasi seperti itu, maka memunculkan potensi pilkada Bandarlampung cukup dua pasangan saja.

Dengan asumsi itu, maka KPU cukup menggelar dua hari pendaftaran saja.

Hari ketiga, mungkin cuma ada air mata.(*)

Tulis Komentar

News Feed