oleh

Aman, 21 Balonkada Sudah Tes Usap

-HEADLINE, KOTA-16 views

BANDARLAMPUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat, sudah ada 21 bakal calon kepala daerah (Balonkada) yang akan bertarung di delapan kabupaten/kota pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 telah melakukan tes usap (swab) di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM).

“Ini yang saya sampaikan, mereka yang sudah lakukan swab itu sebanyak 21 orang tapi yang mendaftar mungkin lebih dari itu,” kata Reihana yang juga Plt Direktur Utama RSUDAM, di Bandarlampung, Selasa (1/9).

Namun, lanjut dia, untuk hasil swab dari semua bakal calon kepala daerah tersebut masih belum bisa diketahui sebab apabila melakukan tes usap hari ini hasilnya akan keluar sore hari atau besok.
“Hasilnya swabnya mungkin sore nanti dan besok keluar, kalau sekarang belum ada. Kita doakan bersama mereka semua negatif COVID-19,” kata dia.

Baca Juga :  Miris, Pendidikan di SKB N Punggur Untuk Paket B Dijadikan Lahan Bisnis

Ia menjelaskan pemeriksaan tes usap merupakan sebagai salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran calon kepala secara langsung ke Komisi Pemilhan Umum (KPU) sebagai tindak lanjut dari saran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tentang panduan teknis.

“Jadi untuk tes swab ini kita memberi harga Rp1,5 juta per orang dan kalau mereka negatif bisa mendaftar ke KPU dan melanjutkan tahapan ke pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani,” kata dia.
Sementara itu, Ketua IDI Lampung Asep Sukohar mengatakan uji usap menjadi salah satu syarat pendaftaran ke KPU merupakan usulan dari pengurus besar (PB) IDI yang telah berkoordinasi dengan KPU RI.

“Terkait usulan tersebut KPU sudah menyikapinya dan akan dikeluarkan keputusan tentang kemungkinan-kemungkinan bila bakal calon kepala daerah positif COVID-19,” jelasnya. (tara/JJ).

Baca Juga :  PH Desak Berkas H Darusalam Segera P21

Daftar nama bakal calon kepala daerah di delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang akan bertarung pada Pilkada serentak Desember 2020 yang sudah melakukan tes swab :

1 Eva Dwiana dari Kota Bandarlampung 12 M. Nasir dari Pesawaran
2 Deddy Amarullah dari Kota Bandarlampung 13 Naldi Rinara dari Pesawaran
3 Ana Morinda dari Kota Metro 14 S. Marzuki dari Pesawaran
4 Fritz Akhmad Nuzir dari Kota Metro 15 Loekman Djoyosuemarto dari Lampung Tengah
5 Wahdi dari Kota Metro 16 M . Ilyas Hayani Muda dari Lampung Tengah
6 Qomaru Zaman dari Kota Metro 17 Agus Istiqlal dari Pesisir Barat
7 Mufti Salim dari Kota Metro 18 Zulqoini Syarif dari Pesisir Barat
8 Saleh Candra dari Kota Metro 19 Fahrurrozi dari Pesisir Barat
9 Nanang Ermanto dari Lampung Selatan 20 Fiter dari Pesisir Barat
10 Yusran Amirullah dari Lampung Timur 21 Aria Lukita dari Pesisir Barat.
11 Beny Kisworo dari Lampung Timur
Baca Juga :  Riana Arinal Resmikan Kantor LKKS Serta Serahkan Bantuan Untuk Anak Terlantar Disabilitas

Sumber: Dinkes

Tulis Komentar

News Feed