oleh

Ike Ancam Pidanakan Oknum Terlibat Kecurangan Pilkada

BANDARLAMPUNG – Sidang gugatan verifikasi faktual (Verfak) dukungan pasangan bakal calon walikota-wakil walikota Bandarlampung Ike Edwin-Zam Zanariah, memasuki ageda mendengarkan saksi.

Sidang yang digelar di kantor Bawaslu Bandarlampung, Senin (7/9) ini pihak Ike Edwin menghadirkan 165 saksi.

Dikatakan Ike Edwin, di persidangan sejumlah saksi mengaku mendapat intimidasi tidak mendapatkan bantuan PKH jika menghadiri Verfak.

“Dalam sidang gugatan terdapat 165 saksi memberi keterangan adanya oknum ASN, lurah dan camat terlibat dalam bukti-bukti foto dan video, disertakan banyaknya ancaman dan intimidasi dari oknum oknum RT, RW dan kepala lingkungan yang menghadang warganya untuk menghadiri verfak dengan cara menakut nakuti tidak akan mendapatkan PKH dan BLT apabila menghadiri verfak,” ungkap Ike Edwin.

Baca Juga :  AJI-IJTI Gelar Diskusi Publik 21 Tahun UU Pers

Menurut Ike, telah terjadi dugaan kecurangan terstruktur sistematis dan masif, terjadi saat di lapangan seperti adanya data MS dan TMS yang dirubah pada pleno kecamatan, yang sebelumnya pihak dari tim Ike Zam mendapatkan data MS (memenuhi syarat) 26,077, namun usai sidang pleno kecamatan dan kota hasil verfaknya justru berkurang dan jumlahnya berbeda jauh menjadi kurang lebih 10,000.

Untuk itu, Ike secara tegas akan menuntut dan mempidanakan semua oknum yang terlibat kecurangan dalam Pilkada Bandar Lampung, demi tegaknya demokrasi kedaulatan rakyat agar tidak terulang kembali.

“Sebab itu saya mohon DKPP bisa datang dan melihat langsung fakta dalam persidangan yang diungkap saksi saksi kami melalui persaksian dan bukti-bukti dokumen, video-video serta foto-foto,” pungkasnya.

Baca Juga :  Baznas Bandarlampung Buka Pendaftaran Beasiswa S1

Terkait sidang gugatan yang diajukan pasangan Ike-Zam, Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Chandrawansah mengatakan bahwa, gugatan Verifikasi Faktual masih dalam proses dan diperkirakan akan berlangsung sampai tanggal 12 September 2020. (Ref/JJ).

Tulis Komentar

News Feed