oleh

Aplikasi MAR-Q Unila Diluncukan di Tuba Barat

PANARAGAN – Wakil Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Fauzi Hasan SE,MM., menghadiri kegiatan peluncuran Aplikasi Museum Augmented Reality Kebudayaan Tubaba (MAR-Q) dalam mendukung pembangunan masa depan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh tim Universitas Lampung (Unila) di Uluan Nughik Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Minggu (06/9/2020) pukul 10.00 Wib. Yang dihadiri Wakil Bupati, Staf Ahli, Asisten III, Kepala OPD setempat, dan tim pengembangan MAR-Q Unila.

Dikatakan Meizano Ardhi Muhammad, selaku narasumber dan salah satu peneliti pencetusnya aplikasi MAR-Q, mengatakan bahwa aplikasi ini bertujuan pengenalan budaya dalam bentuk virtual tour sebagai upaya pelestarian kebudayaan, serta mendukung pembangunan kembali ke masa depan Kabupaten Tulangbawang Barat.

Baca Juga :  25 Pimdes Golkar Pringsewu Siap Sukseskan Musda

“Kami dari tim peneliti Unila yang terdiri dari beberapa fakultas, salah satunya fakultas Teknik Informatika, membuat aplikasi MAR-Q ini untuk kemudahan informasi kepada publik tentang dunia Pariwisata Kebudayaan ataupun Monumen yang ada di Tubaba lengkap dengan penjelasan ataupun sejarahnya, karena Teknologi ini adalah salah satu Teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dan dunia maya secara real time. Seperti tentang kota wisata Uluan Nughik, Islamic Center, Patung Megow Pak, Tugu Rato, dan kebudayaan Tari Nenemo,” ungkapnya.

Aplikasi ini, lanjut dia, belum ada di Playstore, dan hanya bisa diunduh atau di dapat melalui instansi Pemerintah dari Dinas Pariwisata, Kominfo, dan Pendidikan. Karena pihak Unila baru bekerjasama dengan Pemerintah setempat tentang Aplikasi MAR-Q tersebut.

Baca Juga :  DPRD Lampura Gelar Rapat Paripurna KUA-PPAS

Sementara itu, Wabup Tubaba, menyambut baik kerjasama antara tim Unila yang mencetus aplikasi MAR-Q untuk Kabupaten Tubaba.

“Kita Pemerintah menyambut baik kerjasama ini, karena dengan aplikasi itu akses informasi dan pengetahuan kepada Publik menjadi lebih mudah tentang apa saja dunia Pariwisata ataupun Monumen di Tubaba, apalagi di era saat ini internet ataupun gadget sudah menjadi keseharian masyarakat. Sehingga Pemerintah setempat, akan mendukung pengembangan aplikasi MAR-Q tersebut,” imbuhnya. (Toni)

Tulis Komentar

News Feed