oleh

Catat, DPS Bandarlampung 640.910 Pemilih

BANDARLAMPUNG – KPU Bandarlampung menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 640.910 yang didapatkan dari daftar pemilih hasil pemuktahiran dari 20 kecamatan di kota setempat.

“Dari 649.910 DPS terdapat pemilih perempuan sebanyak 319.574 dan laki-laki 321.336,” kata Komisione KPU Kota Bandarlampung Divisi Program dan Data, Ika Kartika, di Bandarlampung, Selasa (8/9).

Ia mengatakan sebelumnya daftar pemilih tetap yang diterima KPU berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pemiliha (DP4) dari pemerintah adalah sebanyak 638.174 yang terdiri dari pemilih perempuan 317.579 dan laki-laki 320.595.

Dia menyebutkan penambahan jumlah pemilih tersebut tidak lepas dari dinamika perpindahan penduduk di Bandarlampung, begitu pula data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Baca Juga :  Pasangan YuTuber Mulai Gerilya

“Jadi kami juga menemukan data yang dinyatakan TMS sebanyak 322.955,” kata dia.

Dia menyebutkan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi daftar pilih TMS yakni orang sudah meninggal dunia, memiliki identitas ganda, TNI/Polri, berganti status dan pindah domisili, pemilih yang terkena kasus pidana sehingga hak pilih dicabut dan pemilih yang tidak sesuai tempat pemungutan suara (TPS) nya, bukan penduduk, dan masih di bawah umur.

Dia menjelaskan, bahwa tidak semua TMS akan dihapus dari data pilih, namun akan ditata kembali oleh petugas sesuai TPS dimana orang tersebut akan memilih.

“Kebanyakan data TMS ini kan pemilih yang tidak sesuai dengan TPS, jadi itu akan kami tata ulang, sedangkan untuk faktor yang lainnya akan dihapus dari daftar pilih,” kata dia.

Baca Juga :  Bangun Infrastruktur Kelistrikan, Gubernur Arinal Resmikan 5 Gardu Induk PLN

Dia pun meminta warga Bandarlampung yang belum masuk ke dalam DPS untuk berperan aktif dan segera melapor ke panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat kelurahan agar dapat dimasukkan ke daftar pemilih perbaikan.

“Tapi mereka juga harus membawa bukti otentik bseperti KTP dan benar mereka dekat dengan TPS di sana,” kata dia. (tara/JJ).

Tulis Komentar

News Feed