oleh

Lambar Dinyatakan Zona Oranye, Warga Tetap Diizinkan Adakan Hajatan

Lampung Barat – Setelah ada tujuh warga Lampung Barat terkonfirmasi terkena Covid-19, kabupaten ber Ibu kota Liwa itu kini dinyatakan dalam zona oranye oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 provinsi Lampung.

Kendati demikian, Pemerintah kabupaten Lampung Barat masih memperbolehkan masyarakat untuk melakukan hajatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan baik sebelum maupun saat pelaksanaan hajatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol-PP), Haiza Rinsa ketika ditemui di ruangan kerjanya (8/9/2020) mengatakan, pihaknya akan terus melakukan imbauan kepada masyarakat baik melalui media massa dan media sosial maupun mendatangi langsung masyarakat yang akan melakukan hajatan.

“Yang kita lakukan sifatnya himbauan, sebab untuk melakukan pelarangan atau pemberian sanksi kepada masyarakat yang melakukan hajatan belum bisa dilakukan sebab belum ada Perda yang mengatur hal tersebut,” ungkap Haiza.

Baca Juga :  Angka Positif Covid19 di Pesibar Capai 55 Orang

Sementara itu kepala bidang penegakan Perda Satpol PP lambar Sukardi menjelaskan, masyarakat diperbolehkan melakukan hajatan namun harus mematuhi syarat yang telah ditetapkan Pemkab lambar melalui dinas kesehatan diantaranya pihak panitia hajatan harus membuat izin keramaian dari pihak kepolisian setempat, meminta rekomendasi pertimbangan teknis dari dinas kesehatan melalui Puskesmas.

Selain itu kata sukar di di lokasi hajatan harus ada petugas kesehatan yang melakukan pengecekan suhu tubuh, seluruh panitia dan tamu menggunakan masker, pihak panitia menyediakan alat pencuci tangan, panitia dan undangan tidak berjabat tangan, menjaga jarak minimal 1 meter dan jam pelaksanaan dibatasi sampai jam 17 00 WIB.

“Dipersilahkan kepada masyarakat yang akan merayakan hajatan namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan an-nur sudah ditetapkan kan Pemkab melalui dinas kesehatan,” jelas Sukardi.

Baca Juga :  Langkah Antisipasi, Pasien Meninggal Dimakamkan Secara Protokol Covid-19

Sebagaimana diberitakan Haluanlampung.com sebelumnya, Ada 4 Kabupaten / Kota di Provinsi Lampung berada di Zona Oranye. Sebelumnya Kota Bandarlampung sejak tanggal 3 September lalu telah berada di zona oranye, hari ini (7/9) 3 Kabupaten menyusul, antara lain Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Lampung Utara, dan Kabupaten Pringsewu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan provinsi Lampung, Reihana, di Posko Satuan Tugas Penanganan Covid-19 provinsi Lampung.

“Kasus Suspek total ada 11 orang, kasus baru 4 orang, kasus lama 7 orang, untuk kasus konfirmasi positif covid-19 total 445 orang, kasus baru 3 orang, kasus lama 452 orang, untuk kematian konfirmasi ada 21 orang, Selesai isolasi 345 orang,” ungkap Reihana. (Rifai)

Tulis Komentar

News Feed