oleh

Membludak, Sehari Satgas Penanganan Covid-19 Terima Ratusan Surat Permohonan Acara dari Masyarakat

-HEADLINE, KOTA-49 views

BANDARLAMPUNG – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandarlampung kebanjiran surat permohonan mengadakan acara dari masyarakat. Tercatat, sejak Juli hingga sekarang Satgas sudah mengeluarkan 1.040 surat rekomendasi acara yang mengundang keramaian. Bahkan, setiap harinya Satgas menerima 40 hingga ratusan surat permohonan.

“Jadi kita berikan surat rekomendasi acara bukan hanya untuk resepsi pernikahan saja, tapi kegiatan-kegiatan seperti rapat dan lainnya juga,” kata Bendahara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandarlampung, M Rizki, Senin (21/9).

Pada intinya, kata dia, semua kegiatan yang mengundang potensi kerumunan maka harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas Penangan COVID-19 Kota Bandarlampung.

Ia pun mengatakan bahwa tidak semua masyarakat yang mengajukan surat rekomendasi mengadakan kegiatan disetujuinya.

Baca Juga :  Tingkatkan Produktifitas Pertanian, Gubernur Siapkan 300 Outlet Pertashop

“Jadi memang tidak semuanya surat kita setujui ada juga yang kita tolak dalam artian semua surat yang masuk kita balas, kan surat itu tertulis “dapat dilaksanakan atau tidak dapat dilaksanakan”,” jelasnya.

Adapun hal yang membuat surat tersebut tidak mendapatkan rekomendasi, di antaranya adalah ada pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri dan tempat kegiatan yang tidak memadai.

“Contohnya seperti pesta perkawinan yang telah kita beri rekomendasi, tetapi sehari sebelum acara tiba-tiba ada warga setempat yang terpapar COVID-19 dan isolasi mandiri, maka dengan terpaksa kegiatan mereka harus kami tunda demi keselamatan dan kesehatan masyarakat setempat,” kata dia.

Dia pun mengatakan bahwa pada setiap acara pihaknya tidak memiliki ketentuan untuk membatasi tamu atau orang yang akan hadir ke lokasi kegiatan.

Baca Juga :  Gakumdu Teruskan Kasus Netralitas PNS ke Komisi ASN

“Kita tidak mengharuskan acara itu harus sekian dan sekian, tapi kami melihat dari lokasi kegiatan apabila memang mampu menampung seratus undangan maka akan diberikan surat rekomendasi. Namun, apabila tempatnya dan kapasitas tamu yang datang tidak sesuai maka tidak akan kami keluarkan surat rekomendasinya,” jelasnya.

Ia pun menegaskan bahwa setelah mendapatkan surat rekomendasi mengadakan acara dari Satgas Penangan COVID-19 yang bersangkutan juga harus meminta surat izin keramaian dari pihak kepolisian.

“Sampai saat ini belum ada kegiatan atau acara yang kita bubarkan karena semua telah sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah,” kata dia. (tara/JJ).

Tulis Komentar

News Feed