oleh

Antara Penyakit dan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19

-Opini-248 views

Oleh : Olys SKM.,M.Kes.Epid

(Alumni Fakultas Prodi Epidemiologi Universitas Diponegoro)

 

Kenapa Covid-19 disebut Penyakit 1000 Wajah? Karena dampak sakit nya ke setiap orang berbeda, tidak seperti Demam Berdarah  misalnya yang selalu akan muncul Demam dan bintik merah.

Pada Covid-19 bahkan ada sebgian kecil Penderita yang tidak mengalami sesak nafas atau gejala mirip Influenza, akan tetapi malah menderita  Diare atau bahkan sembelit, Akan selalu ada reaksi yang berbeda pada setiap orang pada Covid-19.

Lalu apa itu Komorbid pada Covid-19??? Komorbid adalah Penyakit Penyerta, bisa diidap oleh penderita Covid-19 jauh sebelum tertular Covid (pada Umum nya adalah Jenis-jenis penyakit tidak Menular seperti DM, Jantung, Hypertensi, Ginjal dll), atau diderita pasca atau setelah terinfeksi juga tertular Covid-19 (biasanya penyakit penyakit menular lainnya oleh karena menurunnya fungsi fungsi Imun atau kekebalan Tubuh).

Apakah Seseorang yang sebelumnya mengidap penyakit penyerta atau penyakit Bawaan lain Tiba Takdir Tuhan yang bersangkutan kemudian meninggal bisa dikategorikan Penderita Covid-19 APABILA HASIL LAB MENUNJUKAN POSITIF???

Jawab nya : SANGAT BISA.

lalu apa hubungannya dengan Penyakit bawaan sebelumnya??

INFEKSI COVID-19 AKAN MEMPERBURUK KONDISI KLINIS SI PENDERITA, Jika diibaratkan Bom, maka COVID-19 adalah API PEMICU MENYALA NYA SUMBU PADA BOM atau PENYAKIT PENYERTA yang telah lama diderita yang selama ini TIDAK MUNCUL SECARA BESAR KE PERMUKAAN.

Lalu, Apakah Jika Covid-19 nya secara MEDIS telah secara DEFINITIF, VALID, BENAR dikatakan POSITIF atau baru dugaan (Suspek atau Probable) oleh karena pemeriksaan awal mengarah Covid-19 si Penderita harus diproses dengan Protokol Covid-19???

Jawab nya : YA

Mengapa?

Karena Tujuan Utama Protokol Covid-19 adalah MEMUTUS MATA RANTAI PENULARAN pada Keluarga, Pada Lingkungan dan Pada Masyarakat secara lebih luas.

Dan satu lagi yang perlu kita ketahui bersama, disamping Pencegahan dengan Selalu menjalankan Protokol Kesehatan (Upaya upaya Primordial, Primer & Sekunder).

Target Penanggulangan Nasional untuk Pandemi Covid-19 adalah MENEKAN SEMINIMAL MUNGKIN TINGKAT VIRULENSI atau tingkat KEPARAHAN penyakit yang diakibatkan Covid-19 (yang disebut Upaya upaya Pencegahan Tersier), salah satu Upaya Tersier tersebut yaitu menjaga atau melindungi orang orang yang memiliki sakit bawaan dari tertular Covid-19.

Jika sudah terlanjur tertular, maka diupayakan semaksimal mungkin Perawatan dan Kecepatan Pertolongan sejak dini. (Rado)

Tulis Komentar

News Feed