oleh

Pemkab Lambar Lakukan Pelepasan 37 Tenaga Nusantara Sehat Periode 2018-2020

Lampung Barat – Pemerintah kabupaten Lampung barat, melakukan pelepasan 37 tenaga Nusantara sehat periode 2018-2020, di Aula Kagungan, lingkungan Sekretariat Pemkab Lambar, senin (28/09/2020)

Hal itu menandai Tugas tim Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat di Kabupaten Lampung Barat Periode 2018-2020 selesai. Setelah sebelumnya, mereka mengemban tugas selama dua tahun dari Kementerian Kesehatan RI.

Bupati Lambar dalam sambutannya mengatakan, peran Nakes Nusantara dari Kemenkes, telah ikut membantu Pemerintah, dalam memberikan pelayanan kesehatan, terutama di beberapa kecamatan terpencil dan terluar yang ada di Lambar.

“Kami merasa terbantu, atas kerja sama dan bantuan dari tim Nakes Nusantara selama dua tahun, terutama di daerah terpencil dan terluar kami berharap rekan-rekan tenaga kesehatan bisa sa mengambil kesan-kesan yang indah selama di Lampung barat,” ungkap Bupati Parosil.

Baca Juga :  Bupati Launching Program Semua Bisa Sekolah di Tanggamus

Sementara itu salah satu anggota nakes Nusantara Ika Alvika saat di wawancara mengatakan, sangat terkesan selama di Lampung barat pasalnya selain, kondisi alamnya yang sejuk, masyarakatnya sangat welcome dan ramah. Meskipun dibalik keramahannya Ika masih mendapati sebagian masyarakat Lambar belum sepenuhnya sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, dirinya masih menemukan masyarakat yang belum memiliki fasilitas MCK yang memadai.

“kami sangat merasa terkesan selama kami di Lampung barat selain hawanya yang sejuk masyarakatnya juga ramah, walaupun kami masih menemukan sebagian masyarakat belum sepenuhnya menyadari pentingnya menjaga kesehatan,kami berharap semoga selama kami disini membawa kesan yang baik bagi masyarakat maupun makan-makan medis yang ada di Lampung barat,” harap Ika.

Baca Juga :  PSHT Mesuji Gelar Kejuaraan Pencak Silat SH Cup

Program Nusantara Sehat itu sendiri merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan bidang kesehatan.

Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK), dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK), yang Juga mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat. (Rifai)

Tulis Komentar

News Feed