oleh

DTPH Lambar Siapkan Tiga Program Unggulan

Lampung Barat – Mendukung program pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung barat (Lambar) yaitu mensejahterakan rakyat, pada tahun 2021 Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Lambar menyiapkan tiga program unggulan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lambar, Yedi Ruhyadi mengatakan, salah satu program unggulan yang dimaksud adalah Peningkatan produksi hasil pertanian, baik sayur-mayur maupun produksi padi.

Yedi mengatakan untuk mendukung peningkatan hasil produksi pihaknya telah menyiapkan beberapa program diantaranya adanya bantuan benih padi, kemudian pengendalian hama penyakit padi, penyediaan obat-obatan pengendalian hama, perkelompok.

“salah satu program unggulan dari kami yaitu meningkatkan produksi hasil pertanian baik sayur-mayur maupun produksi padi, yaitu dengan adanya bantuan benih padi kemudian melakukan penyuluhan tentang pengendalian hama padi dan kita akan siapkan obat-obatan pengendali hama,” ungkap Yedi

Baca Juga :  Coffee Morning Pemkab Pringsewu Bahas Sejumlah Persoalan Hingga Tes Urin

Yedi menjelaskan, program selanjutnya yaitu pemberian pelayanan penyuluhan kepada petani dengan menyiapkan an-naba live penyuluhan pertanian (BPP) dengan tenaga penyuluh profesional.

“Untuk mendukung program yang pertama kita juga menyiapkan program kedua yaitu memberikan pelayanan penyuluhan kepada petani melalui balai penyuluhan pertanian yang ada di 15 kecamatan dengan tenaga penyuluh profesional,” lanjut Yedi.

Lebih lanjut Yedi menjelaskan untuk mendapatkan program yang sudah disiapkan petani tersebut harus memiliki kelompok yang tergabung dalam kelompok Sistem Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).

“Tentu harus dengan beberapa syarat atau kriteria yang sudah ditentukan, karena dana atau bantuan yang kita berikan terbatas. Seperti sudah memiliki kelompok, dan kelompoknya sudah masuk dalam sistem penyuluhan pertanian (simluhtan), serta memiliki lahan irigasi,” ungkap Yedi.

Baca Juga :  Terkait Bantuan Sabes dan Pembangunan Jembatan, M. Nasir Penuhi Panggilan Bawaslu

Yedi berharap, dengan adanya program-program tersebut akan meningkatkan kesejahteraan para petani sesuai dengan salah satu ke pitu program Pemkab Lambar, yakni peningkatan kesejahteraan petani.

“Kita berharap program yang disiapkan akan berdampak pada kesejahteraan para petani. Sehingga roda perekonomian di Lampung Barat dapat meningkat khususnya di sektor pertanian,” tutup Yedi. (Rifai)

Tulis Komentar

News Feed