oleh

Di Tengah Pendemi, Dinas PUPR Mesuji Genjot Pembangunan

-DAERAH, MESUJI-145 views

MESUJI – Pendemi covid-19 nampaknya berimbas di berbagai sektor, baik itu sektor swasta maupun pemerintah, tak ayal, roda perekonomian pun dirasa berat untuk berputar, begitu juga pada bidang pembangunan, anggaran yang sedianya digunakan untuk membangun, namun terpaksa harus ditahan lantaran mewabahnya virus corona yang hingga kini belum berkesudahan.

Meski dimikian, Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) tetap optimis melaksanakan kegiatan meskipun dengan anggaran yang keterbatasan.
Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan organisasi perangkat daerah yang kini dikepalai oleh Ridwan Zulkifli S.Sos.,MM ini mampu melaksanakan pembangunan di beberapa bidang atas anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2020.

Pada Bidang Sumber Daya Air (SDA) setidaknya ditahun 2020 ini telah dikerjakan tiga item proyek irigasi yang terletak di Kecamatan Simpang Pematang dan Kecamatan Rawajitu Utara.

Baca Juga :  Waspada, Buaya Muncul di Sungai Kotaagung

Sementara untuk Bidang Bina Marga, melaksanakan kegiatan peningkatan jalan di Kecamatan Mesuji Timur serta melanjutkan beberapa program swakelola mengingat banyaknya matrial yang belum tergunakan.

Adapun pada bidang pentaan ruang, terus giat berdampingan dengan Dinas Penanaman Modal dan perizinan terpadu satu pintu untuk menerapkan regulasi pada bangunan bangunan yang belum memilki izn mendirikan bangunan (IMB).

Tak kalah pentingnya peranan Bidang Peralatan dan perbengkelan (Alkal), yang hingga kini masih aktiv dalam menyewakan alat alat berat, namun juga untuk terus melakukan kerja kerja perbaikan kerusakan jalan yang tersebar di berbagai kecamatan, selain dari pada itu, DPUPR melalui bidang ini juga telah membuka dua ruas jalan baru yaitu jalan menuju Rumah Sakit Umum Daerah Mesuji yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, juga jalan alternatif di komplek Pemda Mesuji.

Baca Juga :  Tingkatkan Produktivitas UMKM, Dendi Ramadhona Akan Berikan Pinjaman 200 Juta Perdesa

Sedangkan menasuki era Anggara Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Kabupaten Mesuji tahun 2020, DPUPR juga telah berproses untuk melaksanakan berbagai bidang pembangunan seperti pembuatan beberapa titik drainase juga peningkatan serta perbaikan kalan baik melalui program swakelola maupun kontraktual.

Sebagaimana penjelasan Kepala DPUPR Mesuji melalui Sekretaris Dinasnya Andi S Nugraha. SH.,MH saat ditemui crew media Haluan Lampung di ruang kerjanya, Senin (12/10).

“Sesuai arahan Pak Bupati, kami terus melaksanakan kegiatan dengan mengacu kepada skala prioritas, untuk realisasi APBD murni 2020 kita memang terhitung minim kegiatan, namun untuk APBDP yang saat ini juga mulai berproses ada beberapa tambahan kegiatan terutama pada Bidang Bina Marga,” terangnya.

Baca Juga :  Setelah Dizolimi Aparat Desa, Suratinah "Korban Penyelewengan PKH" Dipaksa Tanda Tangani Surat Damai

Disinggung terkait antisipasi pendemi covid-19 pada kantornya, alumni Fakultas Hukum Universitas Padjajaran ini juga menegaskan bahwa pihaknya selalu menekankan kepada seluruh jajaran yang ada pada dinas tersebut baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga honor untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas.

“Kita siapkan standar protokol kesehatan di kantor dinas kami seperti tempat cuci tangan juga cairan disinfektan, selebihnya kami selalu mengingatkan kepada para Asn maupun staf staf honor untuk selalu menjaga jarak serta wajib memakai masker pada saat berada bekerja,” tegas Andi. (Rado)

Tulis Komentar

News Feed