oleh

Menengok Semangat Ibu-Ibu Kampung Waytuba Bertahan di Masa Pandemi

IBU-ibu Pasundan Jaya, Waytuba, Waykanan mencoba merajut asa di tengah himpitan ekonomi dalam situasi pandemi yang entah kapan berakhir. Ibu-ibu di desa itu bersemangat menggelar bazar Minggu (01/11).

Bazar diikuti kelompok ibu-ibu rumah tangga yang dikoordinasi oleh Ira Noor Halimah S.H yang tercatat sebagai Ketua Patayat NU Kecamatan Waytuba.

Kecamatan Waytuba dikenal penghasil renginang. Maka tak heran bila jenis makanan ringan itu paling banyak ditampilkan dalam berbagai rasa.

Selain itu juga ditampilkan produk hasil olahan UMKM Mandiri Bank Sampah yang diolah menjadi kerajinan tangan, perabot rumah tangga seperti tas dan wadah tisu dari berbagai jenis lain berbahan plastik.

Asep Sudrajat, Pembina UMKM saat di konfirmasi mengaku bangga dengan kreasi yang ditampilkan oleh UMKM Mandiri bersama Karang Taruna setempat.

Baca Juga :  DPRD Optimis Pemkab Mesuji Mampu Genjot Infrastruktur Melalui PT SMI

“Lihatlah, kami berhasil mengolah sampah menjadi barang berharga, Seperti mengolah batok kelapa menjadi alat minum yang antik seperti teko dan gelas,” ujarnya bangga.

Dia mencontohkan kreatifitas warga Dusun 8 Pasundan Jaya telah menghasilkan nilai ekonomi hingga ratusan juta rupiah. “Andai saja ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, dipastikan akan memberikan konstribusi besar pada pembangunan desa di Waykanan.

”Tentu saja kami butuh dukunganl. Kami butuh promosi dan pemasaran,” katanya.

Muhammad Teguh, Kepada Kampung Waytuba mengaku tergerak hatinya menyalurkan dana desa untuk UMKM di kampungnya.

“Sudah sepatutnya kita dukung. Hanya untuk tahun ini kita belum bisa karena anggaran desa habis untuk Covit-19,”katanya.(Yoni)

Tulis Komentar

News Feed