oleh

UMK Bandarlampung 2021 Diusulkan Naik 9 Persen

-HEADLINE, KOTA-89 views

BANDARLAMPUNG – Terdampak pandemi Covid-19, Pemkot Bandarlampung berencana mengusulkan kenaikan upah minimum kota (UMK) tahun 2021 naik 9 persen atau naik Rp250.000.
“Jadi tahun depan gaji buruh di Bandarlampung kita usulkan naik menjadi Rp2.903.222 ,” kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN, di Bandarlampung, Senin (2/11).

Ia menegaskan bahwa kebijakan tersebut diambil oleh Pemkot Bandarlampung guna menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan ekonomi mereka ke depannya.

“Kenaikan gaji ini karena kita sedang dalam masa pandemi COVID-19 sehingga saya harap pengusaha dan buruh sama-sama sejahtera,” kata dia.

Dia mengatakan, sebenarnya pihaknya telah meminta agar UMK Bandarlampung pada 2021 naik 10 persen namun keputusannya hanya Rp250.000 atau 9 persen.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Hadiri Rakor Penanganan dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19

“Sebenarnya saya maunya 10 persen kenaikannya tapi keputusannya naik Rp250.000 tidak papa karena setiap tahun juga gaji buruh di Bandarlampung naik terus,” kata dia.

Namun, menurutnya, UMK yang cocok untuk buruh di Kota Bandarlampung saat ini adalah sebesar Rp3.000.000.

“Upah di sini saya rasa belum maksimal harusnya Rp3 jutaan,” kata dia.

Herman HN pun menegaskan bahwa semua perusahaan harus menaikkan gaji para buruh pada tahun depan bahkan Pemkot juga akan melakukan pengawasan terhadap pengusaha agar mereka menerapkan kebijakan yang diambil oleh pemerintah setempat.

Sementara, itu Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandarlampung, Wan Abdurrahman mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan pembahasan terkait kenaikan UMK.

Baca Juga :  Ketua Kwarda Pramuka Lampung Pimpin Acara Perkenalan dan Koordinasi di Jajaran Pimpinan Kwartir Daerah

“Sampai saat ini kami masih terus melakukan pembahasan UMK dengan pihak-pihak terkait,” kata dia.(tara/JJ)

Tulis Komentar

News Feed