oleh

44 UMKM kantongi Lisensi, Ini Harapan Herman HN

-KOTA-35 views

Bandarlampung – Sebanyak 44 Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Bandar Lampung menerima lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sertifikat BNSP tersebut diserahkan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN dalam pembukaan Businees Development Center Kota Bandar Lampung, Gelar Hasil Produk KSM/UMKM Binaan BDC Kota Bandar Lampung, di halaman Kantor Pemkot, Kamis (19/11).

“Sekitar 120-an UMKM yang kita bina di Kota Bandar Lampung, dari jumlah tersebut ada 44 UMKM yang sudah dapat sertifikat internasional.” ujar Walikota Herman HN.

Herman HN juga berharap para pelaku UMKM bisa mulai melakukan pemasaran produk tidak hanya domestik melainkan internasional.

“Saya minta dengan kawan-kawan, pemasarananya jangan di Bandar Lampung saja, tapi sampai mendunia diperdagangkan. Pemerintah juga akan membantu pemasarannya, melalui kerjasama dengan pihak hotel, restaurant, sampai dengan damri dan beberapa perusahaan transportasi Online,” jelasnya.

Baca Juga :  Sekda Provinsi Lampung : Kominfo Pengelolaan Informasi Tidak Boleh Terputus

Herman HN terus memberikan semangat kepada pelaku UMKM agar terus maju dan terus menerus melakukan pelatihan secara Rutin, Ia juga menyarankan agar Pelaku UMKM memanfaatkan teknologi pemasaran digital melalui media sosial dan Influencer.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kota (PMK) Bandar Lampung Zainuddin mengatakan sertifikat BNSP tersebut sebagai bukti jika UMKM di Kota Bandar Lampung memiliki kualitas dan kompetensi mumpuni.

“Dari 120 UMKM itu terdiri dari, kopi, jajanan pasar, jajanan dari ikan olahan, roti dan Griya batik dan kerjainann tangan. Ini semua sudah diserifikasi secara legalitas dan berbadan hukum,” jelasnya

Ia juga menjelaskan bahwa tidak semua UMKM binaan Pemkot Bandar Lampung mendapatkan lisensi dari BNSP karena harus melalui beberapa prosedur terntentu. Sehingga sertifikasi tersebut bukanlah suatu hal yang mudah dan perlu usaha untuk mendapatkannya.

Baca Juga :  Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Berduka, Plt Kadis Meninggal Dunia

“Prosedur mendapatkan BNSP yaitu para UMKM harus melalui pelatihan selama 1 bulan, dan dipantau PMK selama 6 bulan. Kemudian mereka diberikan sertifikat dari Pemkot Bandar Lampung, sudah termasuk ijin, BPOM dan MUI. Setelah itu BNSP menganalisa, mengkaji dan menyimpulkan kelayakannya dan kualitas produk mereka, jadi BNSP ini gak Abal-abal dan harus bisa dipertanggungjawabkan” paparnya.(Sel)

Tulis Komentar

News Feed