oleh

493 Nelayan Dilindungi Asuransi Jiwa : 100 juta Jika mengalami Kecelakaan

-HEADLINE, KOTA-29 views

Bandarlampung – Sebanyak 493 Nelayan Kota Bandar Lampung menerima perlindungan Asuransi Jiwa pada acara penyerahan bantuan bagi pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan kepada nelayan di PPI Lempasing, Jl. R.E Martadinata, Kecamatan Teluk Betung Timur, Rabu (25/11).

Nelayan mendapatkan pemberian polis asuransi sebanyak 390 dari Pemerintah Kota Bandar Lampung dan sebanyak 103 polis asuransi dukungan pemerintah provinsi.

Selain Asuransi Jiwa nelayan juga mendapatkan bantuan lain berupa Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) Kepada 5 pelaku UMKM binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bandar Lampung, Izin Operasional Kapal berupa Bukti Pencatatan Kapal (BPKP) untuk kapal berukuran dibawah 5 Gros Ton sebanyak 34 BPKP secara gratis, Bantuan Stimulus berupa 22 unit frezer beserta 2 unit alat pengolahan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19 kepada 11 kelompok pengolahan dan pemasar hasil perikanan.

Baca Juga :  Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Lampung Gelar Musywil Pertama

Walikota Bandar Lampung, Herman HN mengatakan penyerahan bantuan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan nelayan dan mendukung para nelayan agar hasil dari nelayan meningkat.

“Nelayan harus saling membantu, gotong royong, misalnya satu kapal bisa 5-6 awak kapal, ini bagaimana pendapatan nelayan harus lebih baik lagi. Pokoknya semua demi kepentingan rakyat, demi kepentingan nelayan, supaya nelayan bisa sejahtera, aman, tentram di laut, makanya ada asuransi, tetapi bukan berarti masalah asuransi aja, tapi untuk jaga-jaga kalau-kalau ada masalah saat melaut, sudah ada asuransi dan bantuan perlatan-peralatan lain,” pungkas Walikota Herman HN.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bandar Lampung Erwin, menjelaskan Pemkot Bandar Lampug berupaya untuk menjalankan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam.

Baca Juga :  Pemprov Lampung Terima Arahan SE Mendagri

“Asuransi tersebut didanai APBD Kota Bandar Lampung dengan biaya Rp100 ribu per orang jadi ahli waris penerima polis asuransi ini akan mendapatkan uang pertanggungan sebesar Rp100 juta, apabila nama yang tertera dalam polis mengalami kecelakaan dan kehilangan jiwa pada saat melaut,” pungkasnya.(Sela)

Tulis Komentar

News Feed