oleh

KPU Waykanan Kerahkan Emak-emak “Tim SUSU”

WAY KANAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waykanan kerahkan sejumlah masyarakat setempat untuk melipat kertas suara di Aula KPU setempat, Rabu (25/11/2020).

Sedikitanya ada 25 orang, semuanya perempuan. Mereka disebut “tim lipat susu” (surat suara). Mereka akan terus bekerja hingga beberapa hari ke depan untuk melipat rapi 331.643 lembar surat suara.

Kerja “tim susu” diawasi anggota KPU, anggota Bawaslu. Ada polisi dan TNI juga di sana.

Pelaksanaan melipat kertas suara berjalan lancar dan Anggota KPU Waykanan Tri Sudarto mengatakan pihaknya sudan menerima dengan baik sebanyak 331.643 lembar surat suara yang termuat dalam 166 dus. Sementara 1 dus lainnya berisi 2000 lembar surat suara pemilihan ulang.

Baca Juga :  ODGJ Dimandikan dan Dikasih Makan, Cuma Ada di Lampung Barat

“Tim susu” mulai kerja pukul 08.00 hingga 16.00. Mereka wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan memakai hand sanitizer.

Sebelum masuk ke ruang kerja, suhu “tim susu dicek oleh petugas. Protokolnya, jika ada suhu badan emak-emak yang panas, diminta pulang dan memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan masyarakat.

Secara teknis Tri mengatakan tidak ada kendala untuk pelipatan, hanya saja sampul surat suara belum tiba sehingga belum bisa dilakukan packing per TPS.

”Mudah-mudahan sampul akan segera sampai, sehingga bisa langsung kita packing,” beber Tri Sudarto.

Hingga kemarin, pengawas peliputan telah menerima laporan 38 lembar surat suara rusak (robek, bolong, kusam atau warna luntur).

Baca Juga :  Pendaftaran BPUM Waykanan Dibuka

“Terhadap surat suara yang masuk kategori rusak tersebut akan kita mintakan penggantinya kepada percetakan, sementara yang rusak nanti akan dimusnahkan pada H-1 Pilkada,” tegas Sekretaris KPU Arifin. (Yoni)

Tulis Komentar

News Feed