oleh

Pemekaran Kabupaten Mesuji Diawali Oleh Orang Gila, Tas Dekil dan Map Kumal

-DAERAH, MESUJI-1.424 views

Mesuji – Kabupaten Mesuji kini genap berusia 12 Tahun, siapa sangka daerah yang terlatek di penghujung Provinsi Lampung itu terbentuk oleh ide pemekaran kabupaten saat itu, sebagian orang mengangap adalah hal gila.

Ini terkuak pada acara refleksi 12 tahun kabupaten Mesuji yang diselenggarakan oleh half galeri dan rumah baca Mesuji, bertempat di legen’s caffe desa brabasan Tanjung Raya, Rabu malam (25/11/2020).

“Saya kemana mana mana mencari dukungan agar kabupaten mesuji dapat berdiri sendiri dalam artian memisahkan diri dari kabupaten tulang bawang, ya memang banyak yang menganggap saya, pak iwan zanata, pak parimin dan yang lain ini udah gila kemana mana bawa map kumel dan tasnya pak iwan zanata yang udah dekil, tapi alkhamdulillah barang barang tersebut sampai saat ini masih saya simpan karena memang saksi sejarah, ” papar Agus Salim Harahap selaku tokoh dan pelaku pemekaran kabupaten Mesuji.

Baca Juga :  Anggaran DD Pekon Pamenang Tahun 2019 Diduga Fiktif

Hal tersebut Ia lakukan memang jauh sebelum panitia pemekaran kabupaten mesuji terbentuk, hingga pada satu masa Agus Salim berkunjung kepada salah satu keluarga Ishak.

“Setelah berbulan bulan dan saat itu sampailah saya ke rumah M Adam Ishak dan pada saat itu Adam bilang ke saya, segera saja dibentuk panitia, kalau sampean jalan sendiri seperti ini saya yakin gak akan berhasil niat sampean, ” ungkapnya seraya menirukan perkataan Adam Ishak kala itu.

Dengan berjalanya waktu dan proses yang panjang maka dikumpulkanlah beberapa tokoh untuk dibentuk menjadi panitia pemekaran kabupaten mesuji (P3KM).

Alhasil atas izin Allah Tuhan yang maha esa maka perjuangan mereka mencapai garis finis mana kala pemerintah pusat mengabulkan keunginan agar mesuji menjadi kabupaten sendiri, hal ini ditandai dengan disahkanya undang undang no 49 tahun 2008 tentang kabupaten Mesuji. (Rado)

Tulis Komentar

News Feed