oleh

Warga Hentikan Proyek Embung Lapangan Golf

-HEADLINE, KOTA-182 views

BANDARLAMPUNG – Dituding penyebab banjir, Proyek Pembangunan Penampungan Air (embung) di Lapangan Golf, Sukarame, Bandarlampung yang dikerjakan CV Liman Lampung Jaya senilai Rp 1,8 Miliar diberhentikan sementara.

Pemberhentian proyek yang dikelola Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Lampung ini atas permintaan warga Perumahan Indah Sejahtera IV, yang terdampak langsung dari aktifitas proyek tersebut.

“Pemberhentian sementara pekerjaan proyek embung ini, atas permintaan warga yang merasa resah, yang sering menjadi korban banjir, karena ada bagian saluran air tertimbun, saya perintahkan pihak rekanan membongkarnya,” kata Lurah Sukarame Baru Suhardi, Rabu (2/12).

Menurut lurah, keresahan warga ini cukup beralasan, lantaran pihak rekanan menutup saluran air dengan tanah, sehingga saat turun hujan air tergenang hingga membanjiri pemukiman.

Baca Juga :  Penggusuran di Bulan Suci: Gubernur Arinal Harus Bertanggungjawab

Terlebih kata lurah, penutupan saluran air dengan timbunan yang dijadikan sebagai jembatan untuk keluar masuk kendaraan truk itu tidak pernah ada ijin dari kelurahan.

”Saya tidak pernah memberikan izin kepada pihak rekanan menutup saluran air, dan kami tidak pernah diberi tahu oleh rekanan tentang adanya pembangunan proyek embung di lapangan golf ini, kami tahu setelah warga melapor telah terjadi banjir sejak adanya pembangunan embung ini,” ujar Suhardi
Terkait hal itu, perwakilan CV Liman Lampung Jaya li Iskandar menyepakati pemberhentian sementara aktifitas proyek dan bersedia membuka kembali saluran air yang ditimbun, dengan disaksikan Camat Sukarame Zolahudin.

Camat juga menegaskan jika, pihaknya tidak mengetahui keberadaan proyek embung tersebut, sampai saat ini pihak perusahaan proyek tersebut belum meminta izin secara resmi.

Baca Juga :  Selama Ramadhan LKKS Provinsi Lampung Bagikan Ribuan Nasi Kotak

“Belum ada izin secara resmi ke kami,” kata Zolahudin.

Diberitakan sebelumnya, proyek embung lapangan golf Sukarame ternyata milik Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Lampung, bedasarkan data dari LPSE proyek tersebut dianggarkan melalui APBD P dengan nilai pagu anggaran Rp. 2.000.021.100. di menangkan oleh CV. Liman Lampung Jaya dengan nilai penawaran Rp. 1.895.537.000, dengan alamat perusahaan jalan Jendral Sudirman No.21c RT. 003. RW.000. Bandar Lampung.

Selain menimbulkan dampak banjir dipemukiman warga, pekerjaa proyek pembangunan penampungan air (embung) terkesan dikerjakan dengan terburu-buru untuk mengejar waktu kontrak yang hanya 30 hari kalender, terpantau oleh wartawan pekerjaan tersebut tak lagi menjaga kualitas hingga berpotensi mengangkangi kontak kerja yang dapat berpotensi merugikan negara. (Adien/JJ)

Tulis Komentar

News Feed