oleh

Riana Arinal Ajak Kabupaten/Kota Tingkatkan Akses Layanan di Segala Lapisan Masyarakat

-KOTA-23 views

BANDARLAMPUNG – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengajak para Bunda PAUD Kabupaten/Kota dan komponen pemerintah serta swasta berkoordinasi meningkatkan akses layanan di segala lapisan aspek masyarakat.

Hal itu disampaikan Bunda Riana Sari Arinal pada acara Gebyar PAUD Provinsi Lampung Tahun 2020 yang bertema “Membimbing Anak Berkreatifitas Menuju Generasi Berkualitas”, yang dilaksanakan di Ballroom Novotel, Bandarlampung, Jum’at (4/12/2020).

Acara Gebyar PAUD ini sendiri berlangsung meriah. Dalam kesempatan itu, Bunda Riana melakukan Live 1 Jam bersama anak-anak PAUD di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Kegiatan ini diikuti oleh 375 anak-anak PAUD.

Dalam acara itu, dengan penuh kasih sayang dan keceriaan, Bunda Riana Sari Arinal menyapa seluruh anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, Bunda Riana Sari juga melakukan Tari Muli Berkipas.

Adapun kegiatan yang dilakukan saat Live 1 Jam yaitu Tari Muli Berkipas, Tari Prajurit Tuping, Penayangan Lagu Ingat Pesan Ibu, Tari Gurauan Lagu Lunik, Pantonim dan Sulap.

Bunda Riana juga mengajak para Bunda PAUD berinovasi dan berkreasi menciptakan program-program unggulan dalam meningkatkan layanan PAUD berkualitas di Provinsi Lampung.

“Saya mengajak Bunda PAUD Kabupaten/Kota dan komponen pemerintah dan swasta untuk terus berkoordinasi dan bekerjasama dalam meningkatkan akses layanan PAUD disegala lapisan aspek masyarakat dan terus berinovasi dan berkreasi menciptakan program-program unggulan dalam meningkatkan layanan PAUD berkualitas di Provinsi Lampung,” ajak Bunda Riana.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Lantik 8 Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II

Menurut Bunda Riana, anak merupakan dambaan setiap orang tua. Sebagai orang tua, pendidikan menjadi hal yang cukup penting bagi keberlangsungan anak-anaknya. Pendidikan anak pada usia dini disadari betul memegang peranan sangat penting.

“Pendidikan yang diberikan kepada anak usia dini memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pengembangan kualitas sumber daya manusia pada saat dewasa. Pembentukan perilaku bagi seorang anak juga harus sudah dibiasakan sejak dini, karena akan membangun pondasi yang kuat bagi pengembangan pola pribadi dan perilaku anak selanjutnya,” ujarnya.

Gebyar PAUD, lanjut Bunda Riana, merupakan bentuk besar apresiasi kepada semua pihak yang berperan dalam peningkatan program anak usia dini di Provinsi Lampung.

Mulai dari para pendidik PAUD, Pengelola, Peserta didik, pihak pemerintah sampai pada swasta maupun masyarakat yang menjadikan anak usia dini sebagai awal dari pembentukan karakter bangsa.

“Semangat dan keberhasilan dalam membangun PAUD yang berkualitas dapat menjadi inspirasi dan refleksi bagi pembangunan PAUD di Provinsi Lampung,” ujar Bunda Riana.

Komitmen untuk mempercepat perluasan akses PAUD yang berkualitas, lanjut Riana, merupakan pekerjaan yang harus segera direalisasikan. “Pembangunan PAUD harus didukung oleh kebijakan, strategi dan langkahlangkah operasional yang sistematis, terarah, jelas dan terukur,” tambahnya.

Baca Juga :  Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Berduka, Plt Kadis Meninggal Dunia

Bunda Riana juga mengajak semua pemangku pemerintah baik instansi negeri ataupun swasta serta semua lapisan masyarakat, untuk bersama dan bersatu terlibat dalam meningkatkan Pendidikan anak usia dini di Provinsi Lampung.

“Kita Ciptakan role model layanan PAUD yang berkualitas dan terus berkoordinasi serta bekerjasama dengan Bunda PAUD Kabupaten/Kota dalam meningkatkan pembelajaran,” kata Riana.

Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, Bunda Riana berharap tidak mengurangi kualitas yang dapat diberikan pada layanan PAUD agar hasilnya kelak untuk kepentingan masa depan anak-anak. Sebab, pada merekalah nanti masa depan akan ditentukan keberhasilannya.

Pada akhir sambutannya, Bunda Riana mengingatkan agar ditengah pandemi Covid-19 ini, semua lapisan masyarakat bekerjasama dan bergotong royong melawan pandemi ini.

“Kepada orangtua, pendidik dan semuanya, mari kita menjaga diri kita, keluarga kita dan anak-anak kita untuk selalu menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan, dengan melakukan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir selama 20 detik,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar, yang mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, mengapresiasi kegiatan ini.

Baca Juga :  Selama Ramadhan LKKS Provinsi Lampung Bagikan Ribuan Nasi Kotak

Menurut Sulpakar, kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan atas prestasi dan kreatifitas Anak Usia Dini, Pendidik dan Mitra PAUD yang peduli terhadap pendidikan anak usia dini.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan melalui kegiatan ini bisa membangkitkan inovasi, pelaksanaan program dan realisasi berkualitas dalam mendukung kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Provinsi Lampung mempunyai kepedulian dan perhatian yang sangat tinggi terhadap perkembangan PAUD.

Dari tahun ke tahun Provinsi Lampung selalu berusaha agar pertumbuhan lembaga pendidikan anak usia dini terus meningkat dengan penerapan sistem pembelajaran yang berkualitas.

“Kepada semua yang hadir di sini. Baik secara langsung ataupun via zoom dan Khususnya kepada para Bunda PAUD dan para pendidik PAUD, para orangtua, agar terus melakukan pembinaan kepada anak-anak, dan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut,” tambah Sulpakar.

(Rls/Sus)

Tulis Komentar

News Feed