oleh

Darurat, KPPS Reaktif Tetap Bertugas

-HEADLINE, KOTA-20 views

BANDARLAMPUNG – Terbentur dengan waktu, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang memiliki hasil reaktif setelah dites cepat tidak akan diganti, dan dipastikan tetap bertugas.

“Sudah tidak ada waktu lagi untuk mengganti atau mencari KPPS baru,” kata Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedy Triadi, di Bandarlampung, Minggu (6/12).

Ia mengatakan bahwa dari 1.533 KPPS yang menjalani rapid test kedua karena memiliki hasil reaktif saat rapid test pertama, pihaknya belum mengetahui hasilnya berapa yang reaktif dan berapa yang non reaktif.

“Saya tidak tau banyak atau tidak yang reaktif KPPS pada rapid test tahap kedua ini karena kita belum ada laporan dari Dinkes,” kata dia.

Baca Juga :  Dekatkan Pelayanan, Ombudsman Lampung Buat Program Ombudsman Ngantor Diluar

Sehingga, lanjut dia, KPU tetap menggunakan KPPS yang lama, namun mereka akan diawasi oleh Dinas Kesehatan dan Satgas COVID-19 Kota Bandarlampung yang berada di kecamatan.

Menurutnya, apabila memang diantara mereka ada yang reaktif pada rapid test kedua, KPU pun tidak mungkin untuk melakukan tes usap kepada KPPS tersebut guna memastikan apakah mereka positif COVID-19 atau tidak sebab anggarannya tidak ada untuk melakukan itu.

Menurutnya, dalam masalah ini seharusnya pemerintah daerah atau dinas kesehatan lah yang lebih proaktif.

“Tugas kita hanya melakukan screening kepada petugas penyelenggara agar tidak menjadi klaster COVID-19,” kata dia. (Tara/JJ)

Tulis Komentar

News Feed