oleh

Fenomenal, Paslon 01 Waru Tumbangkan “Putra Mahkota” dan Mantan Ketua Dewan

Haluanlampung – Paslon 01 Wahdi – Qomaru Zaman hampir dipastikan memenangkan Pilkada Kota Metro, mengungguli tiga paslon lain.

Pasangan perseorangan ini menjungkirbalikan dominasi partai politik yang berlaku selama ini di kota itu. Lebih dari itu, paslon Waru berhasil menggagalkan upaya berkuasa “putra mahkota”, yakni Fritz Akhmad Nuzir (putra Lukman Hakim, mantan walikota dua periode Kota Metro). Fritz mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Kota Metro berpasangan dengan Anna Morinda (mantan Ketua DPRD Kota Metro).

Tiga pasangan calon (paslon) yang diusung partai politik tidak mampu menyaingi paslon Waru yang sejak awal pencalonannya sempat diragukan.

Perolehan suara paslon yang diusung partai politik kinu makin tertinggal dari calon perseorangan di pilkada 2020 tersebut. Berdasarkan data real count sementara yang diunggah di laman https://pilkada2020.kpu.go.id pada Minggu (13/12/2020) pukul 17.00 WIB, paslon perserorangan yakni Wahdi – Qomaru Zaman mengungguli tiga paslon lain.

Paslon nomor urut 1 ini mendapatkan perolehan suara mencapai 29,2 persen di 227 TPS yang sudah dihitung, dari total 310 TPS di lima kecamatan, atau sekitar 73,23 persen suara.

Perolehan suara terbanyak kedua diraih oleh paslon nomor urut 4, Anna Morinda – Fritz Akhmad Nuzir yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Demokrat. Paslon ini meraih perolehan suara mencapai 27,6 persen.

Paslon lain yang juga diusung oleh partai politik yakni, paslon nomor urut 3, Ampian Bustami –Rudy Santoso. Pasangan yang diusung Golkar, PKB, dan PAN ini hanya mampu mendulang 23,2 persen suara. Begitu juga dengan paslon yang diusung PKS dan Partai Nasdem, Ahmad Mufti Salim – Saleh Chandra Pahlawan. Pasangan ini hanya mampu mendapatkan suara sebanyak 20,0 persen.

Ketua DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kota Metro Veri Sudarto mengatakan, rekapitukasi penghitungan suara Pilkada Kota Metro sudah selesai di kecamatan.

“Tinggal diplenokan saja. Paslon Waru jadi pemenang,”katanya.(iwa)

Tulis Komentar

News Feed