oleh

Kota Bandar Lampung Sabet Penghargaan Kota Peduli HAM

-KOTA-21 views

Bandarlampung – Kota Bandar Lampung Sabet predikat sebagai Kota Peduli Hak Azasi Manusia (HAM) Pada Tahun 2019 yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Se-Dunia tahun 2020, di Aula Kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Senin (14/12)

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Lampung Danan Purnomo kepada Walikota Bandar Lampung Herman HN yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sukarma Wijaya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM RI Kantor Wilayah Lampung, Danan Purnomo mengatakan sesuai dengan Permenkumham nomer 34 tahun 2016 terdapat tujuh kriteria penilaian kabupaten/kota untuk meraih penghargaan sebagai kota peduli HAM.

Baca Juga :  Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Berduka, Plt Kadis Meninggal Dunia

“ada tujuh kriteria yaitu perempuan dan anak, perumahan yang layak, lingkungan yang berkelanjutan, kesehatan, pendidikan, kependudukan dan pekerjaan,” tandasnya.

ia juga menjelaskan penilaian dilakukan secara online namun tetap dilakukan verifikasi lapangan untuk memastikan kebenarannya.

“pengisiannya secara online kemudian kami akan turun ke lapangan melakukan verifikasi, kita lihat apakah disiapkan ruang laktasi untuk ibu menyusui juga apakah ada fasilitas bagi penyandang disabilitas” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengatakan pelayanan umum di segala bidang harus terus diperbaiki agar terus meningkat kualitasnya dan mampu mempertahankan predikat ini.

“dari hari ke hari akan terus diperbaiki sehingga mampu mempertahankan predikat Kota Peduli HAM” katanya

Baca Juga :  Kasrem 043/Gatam Ikuti Rakor Lintas Sektoral Secara Vicon Di Mapolda Lampung

Selain Kota Bandar Lampung, enam daerah kabupaten/kota di Lampung juga menerima predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM di antaranya Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulangbawang.

Kemudian 7 kabupaten lainnya meraih predikat cukup peduli HAM seperti Lampung Barat, Lampung Timur, Mesuji, Pesisir Barat, Tanggamus, Tulangbawang Barat, dan Way Kanan, dan 2 kabupaten belum meraih penghargaan yaitu Pesawaran dan Lampung Tengah. (Sela)

Tulis Komentar

News Feed